Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meminta agar Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang baru saja dilantik, agar bisa memastikan prajurit TNI netral dari politik praktis. Apalagi saat ini sudah memasuki tahun politik.

“Laksamana Yudo kepada DPR telah memberi jaminan akan netralitas TNI. Kami berharap tidak ada persoalan politik yang berkaitan dengan TNI jelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2024,” tegas Puan saat Pelantikan Panglima TNI yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022).

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani 

 

Puan pun berharap agar Laksamana Yudo meneruskan program-program Panglima TNI terdahulu. Menurut Puan, tongkat estafet Panglima TNI diberikan kepada Laksamana Yudo juga sepaket dengan program-program sebelumnya. “Khususnya program dan kebijakan strategis unggulan yang dapat memperkuat kinerja TNI,” ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Puan dan Megawati berfoto bersama dengan Laksamana Yudo dan Jenderal Andika Perkasa. Ia pun memberi apresiasi kepada Jenderal Andika yang secara resmi diberhentikan dengan hormat sebagai Panglima TNI bersamaan pelantikan Laksamana Yudo.

“Terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa yang diberikan Jenderal Andika Perkasa selama menjadi prajurit dan Panglima TNI. Dharma bakti Jenderal Andika tentunya sangat berarti bagi bangsa dan negara serta seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya (ssb/rdn)