Ditengah keterbatasan lahan yang di miliki, SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur, memiliki cara sendiri untuk pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan menjadikan satuan pendidikan sebagai rumah kedua bagi para guru dan peserta didiknya. 

Foto : Kepala SDN Palumbonsari 1 Terima Penghargaan Sekolah Adiwiyata DLHK Karawang

Atas dedikasi menggiatkan kampanye tanam di lahan pekarangan, kebun dan polybag di sekolah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) anugerahkan Adiwiyata bagi sekolah yang berlokasi di Samping Akses Jalan Syekh Quro Lamaran, Karawang Timur tersebut, Selasa (20/12/2022).

Kepada pelitakarawang.com, Kepala SDN Palumbonsari 1, Hj Bety Nurbaety Yudaswara S.pd mengatakan, pihaknya menerima penghargaan Adiwiyata dari DLHK Karawang pada Selasa pagi (20/12/2022) bersama 10 sekolah lainnya di Karawang. Pihak sekolah, sebutnya, sempat daftar menjadi sekolah adwiyata untuk kemudian ada penilaian secara khusus, wal hasil sekolahnya di tetapkan menjadi sekolah dengan status Adiwiyata tahun ini.

"Pihak DLHK ngasih tong sampah dan bibit tanaman untuk pihak sekolah, sekaligus memberikan piagam sebagai sekolah Adiwiyata, " Ujarnya.

Kepsek Sekolah penggerak berprestasi tingkat Kabupaten Karawang ini menambahkan, menanam pohon palawija dan memberi ruang terbuka hijau di sekolah, selalu ia tekankan kepada guru dan siswa, betapapun luas lahan sekolah masih kurang luas. Sebab, penghijauan sekolah, adakah bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan.

"Semoga penghargaan ini, bisa terus memacu mewujudkan sekolahan dengan suasana sejuk, penuh tanaman dan kreativitas siswa dengan alam terap terjaga sebagai wahana edukasinya, " Pungkas Bety. (Rd)