Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Karawang berkomitmen memperluas wawasan dan kemampuan mahasiswanya. Salah satunya dengan memfasilitasi kegiatan Seminar Software Quality Assurance pada Rabu (7/12/2022) di Aula UBSI Karawang.
Foto : Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Saat Menjadi Peserta Seminar Software Qualitu Assurance


Kegiatan seminar yang di mulai pukul 18:30 – 21:00 Wib tersebut, di ikuti para mahasiswa/i Prodi Sistem Informasi Kampus Karawang sebagai peserta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Karawang Abdussomad, M.Kom. 

Seminar kali ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Raffi Verrel Alessandro selaku CEO (Chief Executive Officer), Jennifer Florentina selaku Lead Software Engineer PT. Systeric Teknologi Indonesia dan Ilham Kurniawan, M.Kom sebagai moderator yang merupakan Dosen UBSI. Seminar Software Quality Assurance sendiri, membahas tentang pemahaman pengembangan suatu aplikasi mulai dari tahapan sampai dengan test unit aplikasinya. 

Foto : Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Saat Menjadi Peserta Seminar Software Qualitu Assurance

Raffi Verrel Alessandro dalam paparannya memperkenalkan konsep, metrik, dan model dalam Seminar Software Quality Assurance. Seminar sendiri, mencakup komponen Software Quality Assurance sebelum, selama, dan setelah pengembangan perangkat lunak. Software Quality Assurance menyajikan kerangka kerja untuk jaminan kualitas perangkat lunak dan membahas komponen individu dalam kerangka kerja seperti perencanaan, tinjauan, pengujian, manajemen konfigurasi, dan sebagainya. 
"Seminar Software Quality Assurance juga membahas metrik dan model untuk kualitas perangkat lunak sebagai produk, dalam proses, dan dalam pemeliharaan, " Kata Raffi.

Seminar ini sambung Raffi, akan mencakup studi kasus dan pengalaman langsung. Karena, selama pelatihan, peserta akan mengembangkan pemahaman tentang kualitas perangkat lunak dan pendekatan untuk menjamin kualitas perangkat lunak. 

“Software Quality Assurance telah terbukti efektif dalam mengurangi biaya perangkat lunak dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pencegahan kerusakan perangkat lunak” Katanya.

Sementara Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI Kampus Kabupaten Karawang, Abdussomad, M.Kom berharap seminar ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan minat mahasiswa. 
“Semoga seminar ini mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan sekaligus kemampuan yang dapat diterapkan dalam menjawab kebutuhan dilingkungan masyarakat” harap Abdussomad. (Rd)