Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, berikan apresiasi kepada sejumlah perusahaan di Karawang yang berkontribusi besar pada target gerakan tanam yang di canangkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sepanjang tahun 2022. 



Foto : Penyuluh Kehutanan Jawa Barat saat serah terima Penghargaan kepada PT Sumi Rubber Indonesia Atas kontribusinya pada lingkungan lewat penanaman mangrove di Pesisir Karawang


"Tahun ini, ditarget 50 juta bibit pohon di tanam tahun ini. Alhamdulillah tercapai, dan karena berhasil, Pemprov target tambah lagi 20 juta pohon ditanam tahun depan, insha Allah kita terus dorong lahan-lahan kritis bisa ditanami lewat bantuan pemerintahan daerah, komunitas, swasta, organisasi dan perusahaan, " Kata Dedi Jatnika Penyuluh Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Senin (26/12/2022) saat penenaman bibit mangrove di Tanjungbaru Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon. 


Dedi menambahkan, pihaknya berikan apresiasi dan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang dengan CSR nya telah peduli pada penanaman pohon, khususnya mangrove di area hutan pesisir Karawang, seperti yang di lakukan Karyawan PT Sumi Rubber Indonesia atau Dunlop di Desa Pasirjaya ini dengan jumlah 2.500 bibit. Tentu saja, mangrove ini sangat banyak manfaatnya bagi alam, khususnya masyarakat pesisir, sebab selain mampu menahan abrasi, mangrove ini adalah tanaman penghasil karbon dan penyelamat biota laut yang memfilter racun dari luar. 

"Semoga gerakan tanam ini bisa di lakukan oleh perusahaan dan komunitas lainnya, bukan semata mencapai target, tapi lebih pada kepedulian kita terhadap alam dan lingkungan, " Ungkapnya.

Mewakili Karyawan PT Sumi Rubber Indonesia, Zuhendri mengatakan, pihaknya menghaturkan terimakasih atas apresiasi dan pemberian piagam secara khusus dari Pemprov Jawa Barat melalui penyuluh Dinas Kehutanan terhadap perusahaannya. Perlu diketahui, sebutnya, bahwa PT SRI yang selalu menggandeng siswa SMK ini rutin melakukan penanaman bibit pohon mangrove setiap tahun secara berkelanjutan di Tanjung baru, dimana untuk tahun ini sebanyak 2.500 bibit pohon. Hal ini sebutnya, sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan, direksi dan karyawan terhadap lingkungan dan biota laut agar bisa terselamatkan dari ancaman abrasi dan kerusakan ekosistem laut. 

"Terimakasih atas penghargaan Pemprov kepada perusahaan kami yang sudah berkontribusi terhadap lingkungan lewat penanaman bibit pohon mangrove dan turut serta dalam gerakan tanam pohon pemerintah, semoga ini jadi pemacu untuk semakin luas pesan dan edukasinya agar lebih banyak lagi pohon tertanam untuk penyelamatan lingkungan, khususnya pesisir Karawang, " Pungkasnya. (Rd)