×

Iklan

Indeks Berita

Jawa Barat Lumbung Suara Terbesar di Pemilu 2024

18 Jan 2023 | Rabu, Januari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-01-18T17:28:26Z

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam menyebut Provinsi Jawa Barat masih menjadi lumbung suara nasional terbesar pada Pemilu Serentak 2024.

"Kalau mau menang di Pemilihan Presiden 2024 atau pemilu di Indonesia secara umum, tentu penguasaan basis di Jawa Barat itu menjadi mutlak dilakukan," kata Umam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, para peserta pemilu memerlukan suara pemilih dari Jawa Barat, khususnya bagi partai politik serta pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang membutuhkan suara besar untuk memenangkan pemilu.

"Siapa yang menguasai Jawa Barat, berpotensi menjadi pemenang," tambahnya.

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Paramadina tersebut menyatakan lebih dari 204,5 juta suara akan diperebutkan pada pesta demokrasi tahun depan. Dari angka tersebut, 58 persen di antaranya merupakan suara pemilih di Jawa.

Oleh karena itu, apabila kontestan Pemilu 2024 menang di Jawa Barat dan kemenangan itu dikombinasikan dengan perolehan suara terbanyak di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta atau Banten, maka peluang menang akan semakin besar.

Hal senada juga disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, yang mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan salah satu lumbung suara terbesar untuk pemilu di Indonesia.

"Jawa Barat adalah lumbung suara penting yang mesti direbut jika ingin menang pilpres," katanya. Dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia, lanjutnya, Jawa Barat menjadi idola bagi kontestan pemilu. Bahkan, menurut Adi, menang di Jawa Barat bisa menutup kekalahan di wilayah lain yang jumlah pemilihnya tidak signifikan.

"Sangat rasional klaim yang menyebut menang di Jawa Barat adalah kunci menuju kemenangan, dengan catatan di wilayah kunci lainnya seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah juga menang," jelasnya.

Terkait dengan sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai tokoh berpengaruh dan populer di Jawa Barat, Adi mengatakan Ridwan Kamil diklaim dapat memberikan tambahan elektabilitas untuk partai politik.

"Setidaknya di Jawa Barat efeknya akan sangat terasa," ujar Adi.


Pemilu aman

Sementara itu Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berkeinginan mewujudkan Provinsi Jawa Barat sebagai daerah yang bisa mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang aman dan kondusif.
 
Untuk merealisasikan tekadnya tersebut, Gubernur Ridwan Kamil merangkul TNI-Polri untuk membantu mewujudkan pemilu yang aman, damai dan kondusif, di Provinsi Jawa Barat.
 
"Kedua menyambut 2023 yang sudah masuk tahun politik, saya titipkan pesan agar Jawa Barat menjadi percontohan, daerah yang penduduknya besar tapi jelang pemilu ini aman, kondusif. Jadi memang harus ekstra bersiaga dibantu oleh TNI-Polri," kata Ridwan Kamil, seusai acara Perayaan Natal Bersama TNI, Polri dan PNS Tahun 2022 Sewilayah Korgatap II/Bandung, di Kota Bandung, Kamis.
 
Di hadapan para anggota TNI Polri, Gubernur Ridwan Kamil juga berpesan tentang menjaga masa depan bangsa Indonesia.
  "Dan tadi ada pesan tentang masalah ke depan bangsa Indonesia yang harus dijaga. Jangan sampai ada contoh negara bubar karena kita bertengkar. Contoh krisis hidup, lingkungan kalau kita tidak mengubah gaya hidup kita dan lain sebagainya. Kita jaga nikmat Tuhan yang namanya kondusivitas, damai ini selamanya apalagi menjelang tahun politik," kata dia.
 
Gubernur Ridwan Kamil juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI Polri yang telah membantu mengamankan Hari Raya Natal 2022 di Jawa Barat, yang berlangsung aman, damai dan kondusif.
 
"TNI, Polri yang waktu Natal bertugas. Sehingga mereka tidak merayakan Natal seperti halnya masyarakat. Akhirnya mendapat kesempatan waktu hari ini, sehingga saya mengapresiasi perayaan Natal 2022, 100 persen kondusif berkat beliau bertugas, walaupun sebenarnya punya hak untuk beribadah," kata dia.(Ant)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS