Sekolah dan siswa sudah dapat membuat akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mulai 9 Januari 2023 pukul 15.00 WIB.

Foto ilustrasi : SNPMB.

"Sekolah dan siswa dapat membuat akun SNPMB mulai hari ini pukul 15.00 WIB. Bagi sekolah dan siswa yang sudah mengikuti uji coba kedua atau lanjutan pembuatan akun dan berhasil, maka tidak perlu membuat akun SNPMB lagi, " ujar Humas SNPMB, Ismaini Zain, di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan pembuatan akun untuk sekolah berakhir pada 9 Februari 2023 untuk sekolah. Sementara untuk siswa akan berakhir pada 15 Februari 2023.

Pembuatan akun SNPMB sendiri dapat dilakukan melalui laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan jalur Seleksi Mandiri. SNBP, dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.(Ant)