×

Iklan

Indeks Berita

Semester II di Mulai, Pengawas Dorong Guru dan Siswa Kembali Semangat Belajar - Mengajar

9 Jan 2023 | Senin, Januari 09, 2023 WIB Last Updated 2023-01-09T08:16:45Z
Senin, 9 Januari 2023 menjadi Titi mangsa di mulainya kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) semester II. Setelah sebelumnya, para siswa di semua satuan pendidikan, menikmati masa libur panjang.

Pengawas Koorwilcambidik Cilamaya Wetan, Asep Tajarudin S.pd mengajak, di mulainya semester II di tahun ajaran baru 2022/2023 ini, untuk menelisik apa saja yang menjadi kekurangan dan hambatan pada semester I dengan melakukan dokumentasi manajemen  administrasi. Supaya lebih terdeteksi dan terkoreksi secara administratif saat ada kekurangan dan hambatan dalam KBM.
Misalnya, sebut Asep, guru mulai familiar dengan tugas administrasi tugas- tugas pokok dalam mempersiapkan kegiatan KBM, hingga menelaah KI,KD,CP, TP, ATP
Silabus, RPP atau Modul sampai dengan melakukan telaah konten buku materi pembelajaran dilihat kompleksitasnya.

"Kedalaman materi yang tentu di sesuaikan kompetensi para siswa yamg berada dilingkungan masing-masing dengan mengacu pada hasil diagnotik masing-masing. Mari, kita refleksikan hal ini, " Katanya, Senin (9/1/2022).

Foto : Siswa SDN Karawang Wetan 1 Kecamatan Karawang Timur Saat Upacara Senin (9/1/2023), Hari Pertama Masuk Sekolah Semester II

Selain bapak dan ibu guru sebutnya, mempersiapkan dan memahami administrasi pembelajaran tentu juga harus memahami kesiapan para siswa belajar. Ini perlu dilakukan agar adanya sinergisitas antara kesiapan guru mengajar dengan kesiapan siswa belajar.
Hal itu perlu dilakukan agar pelajaran lebih bermakna dan dapat dipahami oleh siswa lebih signifikan. Biasakanlah untuk melakukan refleksi pada sesudah kegiatan KBM untuk mendeteksi sejauh mana pelajaran yang di berikan dapat dipahami oleh siswa.

"Ciptakan pembelajaran yang menyenangkan buat para siswa, buat suasana kelas yang mendukung keberhasilan belajar para siswa, mari manfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan menciptakan pembelajaran yang materi dikenali dan dipahami para siswa, "Katanya.

Ia percaya Bapak dan Ibu guru orang - orang hebat yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT untuk menjadi seorang pendidik. Maka, jadilah guru selalu update pengetahuan Didaktik dan Metodik pendidikan yang selalu melecut diri terus belajar.
" Selamat Kembali ke sekolah untuk para siswa dan selamat kembali sebagai pendidik yang akan membentuk para tugas bangsa menjadi manusia yang paripurna serta mencintai bangsa dan negaranya. Semoga kerja keras pengabdian Bapak dan ibu guru mendapat balasan dan ridlo dari Allah SWT, " Harapnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS