Ratusan siswa SD se Kecamatan Cilamaya Kulon, bertanding dalam seleksi Olahraga Tradisional (Oltrad) dan Festival Tunas Bahasa Indung (FTBI) di Lapangan SDN Manggungjaya 1, Rabu (8/2/2023). 

Foto : Kegiatan Gebyar Oltrad dan FTBI di SDN Manggungjaya 1 Kecamatan Cilamaya kulon

Kegiatan yang dihadiri langsung Kabid PO Disdikpora dan Koorwilcambidik itu, merupaka seleksi untuk menjadi wakil Cilamaya Kulon dalam perlombaan serupa di tingkat Kabupaten. 

Pelaksana Gebyar O2SN, FLSN, FTBI dan Oltrad Cilamaya Kulon, Yayan Sugianto S.pd mengatakan, setelah tuntas pelaksanan O2SN, Akademik dan FLSN, pihaknya menggelar kegiatan terakhir dengan gebyar seleksi olahraga tradisional dan FTBI. Diakui Yayan, meskipun mayoritas siswa berbahasa Jawa panturaan, namun festival bahasa indung yang diantaranya berbahasa Sunda seperti ngabodor sorangan (Borangan) dan Nyanyi solo Pupuh, tapi tak menyurutkan minat dan bakat para siswa dalam menorehkan prestasi, karena kenyataannya, tak jarang prestasi bahasa Sunda justru di raih dari siswa Cilamaya Kulon. 

"Alhamdulillah, semua cabang lomba kita pertandingkan. Di asah kemampuannya dihadapan juri demi menjadi wakil Cilamaya Kulon nantinya, " Ungkap Yayan.

Foto : Kegiatan Gebyar Oltrad dan FTBI di SDN Manggungjaya 1 Kecamatan Cilamaya kulon

Ia menambahkan, Rabu sore, pihaknya umumkan semua hasil seleksi akademik, OSN, FLSN, FTBI dan Oltrad. Mereka yang raih juara 1 nantinya akan menjadi wakil Kecamatan Cilamaya Kulon di tingkat Kabupaten Karawang.

"Kita berharap, apa yang sudah ditorehkan di tingkat Kabupaten di tahun -tahin sebelumnya, bisa di pertahankan bahkan lebih baik lagi di tahun ini, " Harapnya. (Rd)