Gempa bumi 4,3 magnitudo di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu 1 Februari 2023, pukul 22.57 WIB terasa di daerah lain. Gempa terasa hingga Bandung dan Sumedang.

Foto hanya ilustrasi

 
Berdasarkan laporan masyarakat kepada BMKG, gempa bumi dirasakan di wilayah Kabupaten Garut, yaitu di Kecamatan Pasirwangi, Kecamatan Cisurupan, Kecamatan Bayongbong, Kecamatan Samarang. Sementara di wilayah Bandung Raya, gempa bumi terasa di Kecamatan Lembang, Kecamatan Pangalengan, Pacet, Cileunyi, hingga Kabupaten Sumedang.
 
Gempa bumi terpusat pada koordinat 7.27 LS dan 107.73 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km Barat Daya Kabupaten Garut pada kedalaman 3 Km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.


"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Sementara hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,"tulis BMKG.
 
Di samping itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. BMKG uga belum mendapatkan laporan kerusakan akibat dari gempa bumi tersebut.(medcom)