Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Bencana Hidrometeorologi. Rakor tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri diikuti oleh perwakilan Forkopimda, para Kepala OPD serta instansi vertikal, di Aula Lantai 3 Singaperbangsa, Rabu (1/3/2023).


Foto ilustrasi : Banjir Karawang


Pada rakor tersebut, Sekda menegaskan pihaknya turut menghadirkan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah membangun Waduk Cibeet dan Cijurey di Kabupaten Bogor sebagai salah satu upaya penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Karawang yang terdampak.

Karawang Gelar Rakor Penanganan Bencana Hidrometeorologi

"Bendungan tersebut sedang berproses, itu sebagai salah satu upaya antisipasi banjir yang berada di Karangligar dan Karawang Barat," ucapnya.

Tidak hanya itu, dalam rakor tersebut pula Pemkab Karawang akan mencoba melakukan sejumlah penanganan, yang diantaranya yakni, penanganan luapan banjir lantaran kenaikan debit a
ir di Sungai Cibeet, Citarum, Cikaranggelam, dan Ciherang.


Terkait bantuan yang sudah diberikan, kata dia, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang telah memberikan logistik dan memfasilitasi bantuan-bantuan kepada yang terdampak.

"Bantuan itu diantaranya logistik, seperti makanan, selimut, perlengkapan kebersihan, perlengkapan bayi. Fasilitas peralatan bencana banjir itu sudah dipasang tenda pengungsi juga bantuan fasilitas perahu untuk yang terdampak," katanya. (Jn)