Porsi 10 persen dari Dana Desa 2023 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), di manfaatkan langsung Kades Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, Hj Euis Herawati untuk menyapa langsung Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mayoritas jompo dan masyarakat pengidap penyakit berat. 

Foto : Kades Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan, Hj Euis Herawati Saat Bagikan BLT Langsung kepada Masyarakat KPM

Dia, tak segan panas-panasan dan duduk bareng masyarakat 'kurang mampu' itu di rumah-rumahnya sambil pendistribusian BLT Rp900 ribu untuk 33 KPM terhitung Januari - Maret 2023. 

"Saya sudah terbiasa bersilaturahmi langsung dengan masyarakat, mereka itu jompo dan ada yang sudah sakit-sakitan keras seperti TB Paru, Stroke dan Faktor udzur. Jadi, sambil mendistribusikan BLT, saya juga ingin memastikan bahwa bantuan sumber APBN ini tepat sasaran pada penerima langsung di rumah masing-masing, " Katanya, Kamis (6/4/2023).

Euis menambahkan, masyarakat KPM Bansos memang sepatutnya di beri apresiasi dengan memberikan bantuan di rumahnya masing-masing, terutama yang sudah udzur karena sakit maupun usia sepuh. Ini pula sebutnya, yang menjadi 'titah' almarhum suaminya saat menjadi kepala desa sebelumnya. Bahkan, saat turun bersilaturahmi langsung, selain mereka merasakan peran pihaknya sebagai pemerintah desa, juga memiliki kepuasan tersendiri karena bisa membantu pengalokasian BLT ini kepada mereka.

"Jumlahnya ada 33 KPM untuk BLT, itu merupakan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) bersama RT/RW dan Kadus setempat, selebihnya nanti di gilir pada jompo dan warga kurang mampu lainnya setiap pertriwulan, " Katanya. 

Diakui Euis, masyarakat Tegalwaru tercatat 687 orang masuk dalam program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bahkan susulannya juga ada penambahan 79 KPM. Saat ini, KPM lainnya yang non PKH dan BPNT, di upayakannya masuk dalam KPM BLT DD yang dihararpkan terus berputar sehingga mampu tercover semua, meskipun kuota dan persentase khusus BLT ini dibatasi.

"Semoga Bansos jenis apapun yang diterima oleh masyarakat Tegalwaru, di syukuri dan di manfaatkan untuk mendongkrak ekonomi keluarga dan utamanya mensukseskan juga intruksi pemerintah soal peningkatan daya beli dan pengendalian inflasi jelang Lebaran idul Fitri 1444 Hijriyah, " Pungkasnya. (Rd)