Pemerintah Kecamatan Tempuran miliki aplikasi Pusat Data dan Informasi Kecamatan (Pusdatin) pembangunan desa-desa. Aplikasi yang bisa di akses semua kalangan ini, berisi menu data, anggaran, lokasi hingga potret pembangunan di setiap desa di Kecamatan Tempuran tahun 2022. 
Foto : Sekretaris Camat Tempuran, Wahyu Wibisana Saat Kenalkan Aplikasi Pusdatin Via HP Android Saat Minggon di Desa Lemahmakmur


Sekretaris Camat Tempuran Wahyu Wibisana S.pd MM mengatakan, Pusdatin di siapkan sebagai wahana pemerintah desa dan masyarakat mengakses layanan informasi dan data pembangunan di setiap desa di Kecamatan tempuran secara terbuka dan fleksibel. Sehingga, menu dalam aplikasi online ini, bisa di tengok potret setiap desa berkaitan dengan pembangunan yang dianggarkan melalui dana transfer desa, seperti akses jalan, turap, normalisasi, infrastruktur rulahu dan rehabilitasi sarana dan prasarana umum secara lengkap. Sebab, disetiap laman pemerintah desa, dilampirkan lembaran format data tahun, besaran anggaran, lokasi atau titik pembangunan hingga potret dan lokasinya secara menyeluruh. 

"Ini program kecamatan, dimana setiap desa harus melaporkan setiap potret pembangunannya di aplikasi ini, sehingga bukan hanya pemerintah desa dan kecamatan yang tahu, tetapi juga masyakarat yang di layani secara online dengan mudah di beri aksesnya, " Ungkapnya, Selasa (30/5/2023).

Hanya saja, sebutnya karena baru dua bulan ini berjalan, sejauh ini baru 10 desa saja potretnya yang sudah masuk dan terinput, sisanya atau 4 desa lagi masih dalam proses menyusul.

Camat Tempuran Komarudin mengatakan, aplikasi ini adalah perwujudan dari hasil program layanan untuk masyarakat bidang pembangunan di desa-desa. 

"Jadi masyarakat, lembaga, komunitas, birokrasi hingga wartawan bisa mengakses langsung potretnya di aplikasi ini setiap desa sebagai dasar dan gambaran umum tentang profil pembangunan di desa-desa ini, " Ujarnya. (Rd)