Bertempat di Aula Makodim 0604/Karawang Jalan Siliwangi Nomor 01 Kabupaten Karawang, telah dilakukan kegiatan penyerahan Komponen Cadangan untuk diperbantukan di PT Padi Sehat Indonesia dan PT Batara Agro Indonesia, Rabu (03/05/23).
Foto : Komcad TNI di Perbantukan di Perusahaan Guna Sukseskan Ketahanan Pangan


Tujuan dari penyerahan para Komponen Cadangan tersebut adalah dalam rangka memperkuat tugas pokok TNI dan juga menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah.
Hadir dalam acara tersebut, Brigjen TNI Fahrid Amran, Dir Sumber Daya Pertahanan Kemenhan RI, mewakili Aster Mabes TNI Kolonel Inf Fery, Mewakili Aster Mabesad Kolonel Inf Septi, Kasrem 063/SGJ, Letkol Arh Dhama Noviang, Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Pimpinan PT Padi Sehat Indonesia, Arya, Pimpinan PT Batara Agro Indonesia, Andre, Para Perwira Kodim 0604/Karawang.

Penyerahan para Komponen Cadangan tersebut dilakukan oleh Brigjen TNI Fahrid Amran selaku Direktur Sumber Daya Pertahanan Kemenhan RI
Dandim 0604/Karawang dalam sambutannya mengucapkan Program ini pertama dan InsyaAllah menjadi pilot projects, kolaborasi semua unsur elemen pemerintah, ada TNI-Polri, Pemda, Masyarakat ini lah wujud membangun bangsa.

Foto : Komcad TNI di Perbantukan di Perusahaan Guna Sukseskan Ketahanan Pangan

"Dengan kehadiran program penyerahan Komcad bekerja di PT Padi Sehat Indonesia dan PT Batara Agro Indonesia ini akan memperkuat tugas pokok TNI, khususnya perbantuan kepada Pemda, cantolannya adalah Ketahanan Pangan disinergikan dengan program lainnya" Katanya.

"Program ketahanan pangan dengan menanam padi, tebu dan juga jagung. Karawang sebagai kota pangkal perjuangan dan juga lumbung pangan, tepat sekali program ini dicetuskan di  Karawang", ucap Dandim.

Sementara itu, Bupati Karawang yang diwakil oleh Kadisnakertrans mengatakan Pemda Karawang dari awal komitmen dari untuk mengembangkan ketahanan pangan.

"Ayo kita bersama sama kita ramaikan Karawang bahwa ketahanan pangan tidak hanya padi, tetapi juga holtikultura seperti pisang, dan pisang sangat prospek, kebutuhan di Indonesia hampir Rp25 Triliun pertahun," Ujarnya.

Sedangkan Brigjen TNI Fahrid Amran selaku Dir Sumber Daya Pertahanan Kemenhan RI mengungkapkan bahwa hari ini saya hadir ke Kodim terkait kerjasama Kemenhan RI, diawali di Kodim 0604/Karawang, program ini salah satu bentuk real model, pilot projects yang bagus, mudah-mudahan ini bisa riil dan bisa terlaksana dengan baik.

"Programnya bagus, ada Padi, Tebu, Jagung dan juga Sapi, kedepan akan ada juga Pabriknya, ini bisa menjadi roul model karena masyarakat bersama Komcad, TNI bekerjasama untuk ketahanan pangan"tuturnya. (Rd)