Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri Gebyar Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Cibuaya pada Rabu 31 Mei 2023. Gebyar Paten kini telah menjadi ajang silaturahmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dengan warga Cibuaya.

Foto : Gebyar Paten di Cibuaya

Dalam sambutannya bupati mengatakan, kegiatan ini memiliki tujuan guna memberikan pelayanan terbaik serta kemudahan kepada masyarakat sekaligus bisa bersilaturahmi dengan warga.

“Tujuan kami hadir di sini tentunya untuk melakukan kebaikan, yakni meningkatkan pelayanan dekat dengan masyarakat, tentunya pak camat wajib menjamin semua pelayanan yang ada di kecamatan setiap hari,” papar bupati.

Paten merupakan agenda jemput bola yang rutin pemerintah daerah lakukan untuk mendekatkan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat.

Dalam Gebyar Paten berbagai pelayanan administrasi tersedia, mulai kependudukan, pajak daerah PBB, BPHTB, perizinan, kesehatan, dinas tenaga kerja dan seluruh layanan dinas di Kabuapten Karawang.

Pemda juga bekerjasama dengan instansi lain, seperti Samsat pembayaran pajak kendaraan, perpanjang SIM, kantor Imigrasi Karawang, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan.

"Sehingga dengan demikian, warga tidak perlu jauh ke Karawang untuk mengurus berbagai hal, cukup datang ke kecamatan, semuanya kami sediakan dan layani," katanya.

Di lokasi juga ada stand para UMKM. Selain membantu pelayanan, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Paten sendiri dilaksanakan seminggu dua kali berkeliling di 30 kecamatan se Karawang. Dengan tema besar pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan ekstrim, serta zero stunting 2025. Pemda menitikberatkan pada langkah nyata di paten kali ini.

"Kami juga menggelar temu wicara bersama masyarakat Cibuaya di Desa Kedungjaya untuk mendengar dan menyerap aspirasi mereka guna memaksimalkan pembangunan," ungkapnya. (Red)