Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang targetkan Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon bisa tembus jadi Juara 1 lomba desa tingkat Jawa Barat. 

Foto : Kades dan Pemerintahan Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon Saat Lomba Desa Tingkat Jawa Barat di Hotel Mercure, Rabu (7/6/2023)

Hal itu di ungkapkan Sekretaris Dinas DPMD Karawang, Tata Suhanta disela-sela penilaian lomba Desa Wilayah IV Pemprov Jawa Barat di Hotel Mercure Karawang, Rabu (7/6/2023). 

"Betul, Bayur Kidul lolos sebagai juara 1 tingkat Kabupaten, desa yang pernah mendapatkan 'Leuit' Ketahanan Pangan Pemprov Jawa Barat ini, menjadi desa terakhir wilayah IV yang di nilai langsung oleh tim Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Hotel Mercure Karawang. Karena sebelumnya, di lokasi yang sama, tim menilai persentase dan segudang inovasi desa itu dari wakil Kabupaten Purwakata, Subang dan Bekasi, " Kata Tata Suhanta kepada Pelitakarawang.com.

Dengan segala dinamika yang ada, sambungnya hasil pleno juro kabupaten kemarin menetapkan desa Bayurkidul sebagai juara 1, disusul Desa Pacing Kecamatan Jatisari sebagai juara 2 dan Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur di posisi ke 3. Karenanya, sebagaimana aturan, maka desa dengan peringkat pertama yang ikuti lomba serupa di tingkat Jawa Barat pada 7 Juni ini.

"Kita lihat memang potensi di Bayurkidul ini cukup baik. Seperti pelayanan pemerintahan dengan pola Layanan Siaga Cermat dan Cepat (Lapak Si Cecep), Program Lapor Pak Kades ! yang semakin mempermudah pelayanan dan akses masyarakat secara terukur selama 24 jam, " Katanya.

Disamping itu sambung Tata, Desa gudang ikan pindang Karawang ini juga sudah mapan dalam pengembangan UMKM ikan pindang hingga melahirkan ikan pindang presto yang marketingnya sudah masuk pada layanan aplikasi jual beli online seperti TokoPedia, bahkan, beberapa industri rumahan juga memproduksi susu kambing etawa dan olahanan makanan berbahan dasar kelor.
"Kita berharap, hasil dari lomba tingkat provinsi Jawa Barat ini bisa membuahkan hasil, dimana pihaknya tentu memasang target juara tertinggi yaitu Juara 1, " Ujarnya.

Sementara Kepala DPMD Karawang, Wiwiek Trisnawati mengungkapkan,
Pemerintah kabupaten karawang mendukung penuh pencapaian prestasi desa-desa melalui program-program pemerintah desa. 
"Ini diharapkan dapat mencapai kemajuan desa baik dari aspek pelayanan publik, pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, " Ungkapnya. 

Hadir dalam penilaian lomba desa wilayah IV Jawa Barat tersebut, Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Andry Irawan, Camat Cilamaya Kulon Dudi Alexandrie dan sejumlah unsur pemerintahan desa Bayurkidul, seperti BPD, LPM dan Ketua PKK Desa Bayurkidul. (Rd)