GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Indonesia Kecam Tindak Kekerasan di Gaza

Presiden Joko Widodo menyatakan, Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza, Palestina. Terlebih, jumlah korban sipil yang berjatuhan semakin banyak, baik itu perempuan dan anak-anak. 

Jalur Gaza

Kepala Negara mengatakan, serangan terhadap Rumah Sakit Al Ahli juga tidak dapat dibenarkan. Karena serangan tersebut bentuk pelanggaran humaniter internasinal. 

"Indonesia juga mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit Al Ahli. Ini jelas pelanggaran terhadap hukum, humaniter internasional," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya dari Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10/2023). 

Presiden memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Negara-negara Islam (OKI). Pertemuan tersebut digelar di Jeddah, Arab Saudi. 

Presiden mengatakan, Indonesia bersama OKI mengirim pesan kuat kepada dunia, untuk segera menghentikan eskalasi. Termasuk menghentikan penggunaan kekerasan dan fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar masalah terkait Israel-Palestina. 

"Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan. Melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi," kata Presiden Jokowi. 

Menurut Presiden, sudah saatnya dunia bersama-sama bangun solidaritas global. Tujuannya untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang disepakati. 

"Ini akan terus Indonesia suarakan di berbagai kesempatan dan forum internasional. Termasuk saat bilateral dengan PM Arab Saudi dan di KTT ASEAN-GCC esok hari," ucap Presiden Jokowi. (*).

Komentar0