GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Harga Cabai Merah Rawit di Garut Melonjak

Meski sudah mulai memasuki musim hujan di sejumlah daerah, namun harga kebutuhan pokok masyarakat khususnya untuk komoditi sayuran seperti cabai merah saat ini mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan.

Harga Cabai Merah Rawit di Garut Melonjak
Harga Cabai Merah Rawit di Garut Melonjak

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Pemkab Garut Ridwan Ependi mengatakan, dari semula harga cabai merah rawit dikisaran Rp 50 ribu per kilogramnya, kini menembus diatas Rp 70 ribu rupiah atau naik 30 persen ditingkat eceran Pasar Rakyat Guntur Ciawitali Garut.

"Kenaikan harga ini dipicu oleh beberapa hal, diantaranya stok komoditi berkurang akibat banyak petani gagal panen selama musim kemarau ini sementara permintaan dari konsumen cukup tinggi," jelasnya, di Setda Garut, Senin (13/11/2023).

Ia menyampaikan,kenaikan harga cabai merah rawit, cabai kriting merah dan cabe hijau ini, juga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya, seperti telur dan daging ayam boiler.

"Mengenai kenaikan harga cabai, kami berkordinasi dengan dinas tehnis lainnya seperti dinas pertanian, ternyata hingga saat ini petani belum melakukan penanaman cabai secara masif, menunggu hingga musim hujan tiba," tandasnya.(*)

Komentar0