Membantu infrastruktur maupun kerohiman dan kunjungan kepada warga, menjadi hal lumrah di lakukan seorang Kepala Desa. Namun, bagaimana jika Kepala Desa rela menyumbangkan darahnya untuk menyelamatkan warganya yang sakit ? Tentu hal ini jarang dilakukan. Tapi, itulah fakta yang dilakukan Kades Lemahmukti Kecamatan Lemahabang, H Damung. 
Merasa iba dan prihatin atas kondisi warga Dusun Krajan 2 RT 08/RW 04 Tano yang HB nya rendah karena di dera Lheukimia, dirinya datangi langsung Kantor PMI Cabang Karawang untuk mendonorkan darah yang kebetulan sama golongannya dengan warga yang sakit dan dirawat di RS Amanda Karawang tersebut, Jumat (8/1). 

Kades Lemahmukti Saat Donor Darah di Kantor PMI Karawang

"Barter darah, jadi warga saya sakit Lheukimia dan Hemoglobinnya rendah hingga membutuhkan transfusi darah. Kebetulan golongan darahnya sama dengan saya. Maka, keprihatinan itu membuat jiwa sosial saya terpanggil dan siap menyumbangkan darah untuk proses perawatan warga kami, " Kata H Damung kepada pelitakarawang.com.

Jadi kades atau tidak sebut Damung, sebenarnya ini urusan sosial dan dirinya terpanggil saja atas kondisi warganya tersebut selama masa perawatan. Ketika golongan darah sama, maka tidak ada alasan untuknya tidak mendonorkan darah. Lagi pula, donor darah itu tidak memiliki efek samping berlebihan baginya, malahan menurut beberapa ahli medis juga menyebut, justru menyehatkan untuk peremajaan darah di tubuh. ",Terpanggil saja, bukan karena saya kades atau bukan. Masa iya, ada orang sakit kebetulan butuh darah dan darahnya sama kita yang sehat mau cuek begitu saja, " Imbuhnya. (Rd)