×

Iklan

Indeks Berita

Hasil Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF Futsal 2022: Kalah Adu Penalti, Skuad Garuda Gagal Juara

10 Apr 2022 | Minggu, April 10, 2022 WIB Last Updated 2022-04-10T16:33:14Z

Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia gagal menjuarai Piala AFF Futsal 2022 usai kalah adu penalti 3-5 dari Thailand pada Minggu (10/4/2022) malam WIB. Laga berlanjut ke babak adu penalti lantaran di waktu normal hingga extra tim kedua tim sama kuat 2-2.

Dengan begitu, Thailand berhasil menjuarai Piala AFF Futsal untuk yang ke-16 kalinya.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Memulai babak pertama, Timnas Futsal Indonesia tampil cukup baik dengan mencoba menekan Thailand. Namun, gawang skuad Garuda terlebih dahulu mendapat ancaman dan untungnya masih mampu diantisipasi oleh kiper Albagir.

Thailand pun hampir saja unggul cepat jika bola tendangan mereka tidak mengenai tiang gawang Timnas Futsal Indonesia. Kendati demikian, hal itu tak mempengaruhi fokus para pemain asuhan Mohammad Hashemzadeh yang terus mencoba mencari peluang mencetak gol.

Peluang emas pun tercipta melalui umpan satu dua Sauqy Saud dan Ardiansyah Runtuboy. Kedua pemain itu beberapa kali membuat kiper Thailand jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Terus menekan, Timnas Futsal Indonesia pada akhirnya bisa mencetak gol di menit kedelapan lewat aksi Evan Soulimena. Evan dengan mudah melepaskan tendangan kencang tepat di mulut gawang Thailand usai memanfaatkan umpan pendek dari Firman Ardiansyah.

Setelah unggul 1-0, Timnas Futsal Indonesia semakin tertekan. Thailand terus menggempur demi mengejar ketertinggalan di sisa babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Futsal Indonesia mencoba untuk membuka serangan demi memperlebar jarak. Namun, Thailand tak membiarkan semuanya berjalan mudah.

Thailand bahkan terus menekan demi mengejar ketertinggalan dari skuad Garuda. Untungnya pertahanan Al-Bagir masih sangat luar biasa hingga gawang Timnas Futsal Indonesia masih.

Keasyikan menyerang, Thailand memperlihatkan sedikit celah di lini pertahanan. Alhasil, Timnas Futsal Indonesia memanfaatkan peluang itu dengan baik dan berhasil menambah gol di menit ke-24.

Adalah Runtuboy yang mencatatkan namanya di papan skor. Runtuboy memanfaatkan bola kemelut hasil tembahkan Syauqi Saud.

Unggul 2-0 Timnas Futsal Indonesia terus ditekan. Hampir 10 menit jelang laga berakhir Thailand benar-benar mengurung pertahanan Indonesia.

Taktik power play pun dimainkan Thailand. Strategi itu lantas berbuah manis untuk Thailand karena mampu mencetak dua gol dalam satu menit, salah satunya dicetak oleh Muhammad Osamanmusa.

Skor 2-2 bertahan hingga laga berakhir dan pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Pertandingan berlanjut ke babak tambahan. Pada waktu lima menit pertama tersebut, Thailand berinisiatif langsung menyerang gawang Timnas Futsal Indonesia.

Al-Bagir lantas berjibaku di gawangnya sendiri demi menjaga agar Timnas Futsal Indonesia tak kebobolan. Beberapa kans pun akhirnya mampu dimentahkan Al-Bagir.

Di tengah pertandingan, Evan Soumilena mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari lapangan. Namun, tampaknya Evan tak terima dengan hukuman itu hingga melakukan protes keras kepada wasit.

Laga pun berlanjut dan Thailand masih menekan. Namun masih belum ada gol tercipta dan babak pertama di extra time itu masih 2-2.

Memasuki babak kedua extra time, Thailand kembali memainkan strategi power play. Timnas Futsal Indonesia pun terpojok dan beberapa kali nyaris kebobolan.

Beberapa peluang gol sempat dimiliki Osamanmusa, untungnya pemain andalan Thailand tersebut terus gagal mencetak gol tambahan. Tak lama babak kedua extra tim pun berakhir dengan skor masih sama kuat 2-2, yang berarti laga berlanjut ke adu penalti.

Babak Adu Penalti

Thailand

Osamanmusa: O

Ronnachai: O

Panut: O

Krit: O

Peerapat: O

Indonesia

Firman Ardiansyah: O

Ardiansyah Runtuboy: X

Syauqi Saud: O

Ardiansyah Nur: O

Sumber : Okezone


×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS