×

Iklan

Indeks Berita

Tanah Labil, Dewan Evenk Prioritaskan Penurapan Jalan Pertanian di Desa Lemahmukti

19 Mei 2022 | Kamis, Mei 19, 2022 WIB Last Updated 2022-05-19T10:52:28Z
Akses jalan pertanian selalu cepat terdampak kerusakan akibat kondisi dengan tanah yang labil. Dampaknya, tak jarang jalanan yang bisa di lintasi kendaraan roda empat untuk bongkar muat gabah dan pupuk di areal pesawahan, sering di temukan kelongsoran dan keretakan.Hal itu pula yang di keluhkan masyarakat dan aparat desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang di sela-sela penyampaian aspirasinya di hadapan Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat H Mahpudin, Kamis (19/5/2022). 

Foto : H Mahpudin Bersama Kades dan Masyarakat Desa Lemahmukti Kecamatan Lemahabang Usai Reses II di Aula Kantor Desa

"Banyak titik yang harus di sentuh perbaikan, utamanya penurapan di pinggiran jalan pertanian yang rata-rata ambrol akibat kondisi tanah yang labil. Mudah-mudahan ada di tiga titik di Desa kami ini bisa di realisasikan oleh Pak Dewan tahun 2023 mendatang, " Pinta Kades Lemahmukti H Damung.

Menyikapi itu, H Mahpudin mengatakan, sektor pertanian menjadi topik utama setiap kali reses di lakukan di Dapil IV olehnya, baik urusan sarana pertanian maupun akses infrastruktur yang mulai banyak di keluhkan. Ia fahami, fasilitas yang tidak baik seperti jalan misalnya, sangat mempengaruhi nilai ekonomi bagi petani, seperti harga gabah, biaya angkut dan kriminalitas. Atas dasar itu, sambung Dewan yang akrab di kenal Kang Evenk ini, pihaknya siap mendorong realisasi pokok-pokok pikiran di Desa Lemahmukti ini beberapa titik yang menopang keberlangsungan pertanian lebih baik. 

"Ada akses jalan yang dibangun Dinas PUPR dan atau Aspirasi DPRD terdahulu, mulai banyak kerusakan di Desa ini karena membentang diantara areal pesawahan, sehingga kontur tanah semakin labil dan berdampak pada jalanan jadi ambrol hingga retak-retak, artinya untuk menguatkan kualitas jalan, penurapan di perlukan mendesak, insha Allah kita bantu di aspirasi 2023, " Katanya.

Lebih jauh ia berharap, dengan penurapan akses pertanian, bisa menopang kualitas jalanan lebih bertahan lama, tidak gampang retak dan ambrol, sehingga menyulitkan kendaraan-kendaraan angkutan gabah, pupuk urea maupun alat-alat mesin pertanian masuk ke areal pesawahan yang begitu luas.

"Semoga sarana-sarana yang nanti kita bangun, bisa di rawat dan dijaga agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tani di Desa Lemahmukti khususnya, " Pungkas Evenk. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS