Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, hadir ke rumah-rumah warga sakit dan penyandang disabilitas untuk menyerap perekaman data kependudukan. Melalui Surat Perintah (SP) Kadisdukcapil kepada sejumlah operator SIAK, mereka door to door mendatangi rumah penduduk dengan pendampingan pemerintah desa dan PSM setempat dalam program Dukcatpil Ada Untukmu (DAU).


Foto : Disdukcatpil Sasar Warga Sakit, ODGJ, Jompo dan Disabilitas door to door dalam Program DAU

Kades Tegalsari Kecamatan Cilamaya Wetan, Awang Wibisono mengapresiasi program DAU yang di gagas Disdukcatpil ini, sebab, meskipun akses ke kecamatan tak sejauh ke jantung kota Karawang, namun bagi penduduk yang di dera sakit hingga disabilitas, mengurusi perekaman data kependudukan bukanlah perkara mudah. Karenanya, lewat program ini, para operator SIAK datangi langsung penduduk yang manfaatnya bisa di rasakan langsung oleh warga yang tengah sakit dan disabilitas yang selama ini belum terdata identitas kependudukannya karena akses dan lain hal.

"Ini program bagus, jompo, orang sakit, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan disabilitas memang harus di layani langsung door to door untuk dapati data kependudukan, karena akses dan lain hal yang belum memungkinkan mereka bisa di rekam ke kantor kecamatan, " Katanya Jumat (30/12/2022).

Awang menambahkan, di Desa Tegalsari, sasaran program DAU Disdukcapil ini terdiri dari 4 orang ODGJ, kemudian 1 orang warga disabilitas dan 1 orang jompo tidak bisa jalan,berhasil di jaring perekaman biometrik dan data kependudukannya. 

"Pemerintah desa, sangat terbantu adanya program semacam itu, sehingga masyarajat yang punya keterbatasan, bisa mempunyai identitas, semoga saja di 2023 mendatang, jangkauannya semakin luas, agar masyarakat kami yang mempunyai keterbatasan mempunyai identitas pribadi, " Pungkasnya. (Rd)