Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Kesra Setda akan menyalurkan Bantuan Honor Daerah atau yang lebih familiar dengan nama Honda kepada 18.893 penerima dengan anggaran total mencapai Rp25 milliar tahun ini. 

Honor tahunan pemangku bidang keagamaan ini, akan terdistribusi mulai 27 Maret hingga 6 April 2023 atau sepuluh hari kepada guru ngaji, Amil, marbot, guru madrasah, TPQ dan guru DTA di 309 Desa dan Kelurahan se Kabupaten Karawang. 

Foto ilustrasi

Subkoordinator Kesra Setda Karawang Ahmad Nurjaya mengatakan, distribusi akan di mulai perdana di kecamatan Tirtajaya, Pakisjaya, Batujaya serta yang terakhir di Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur dan Klari.

"Total yang akan kita salurkan ke 30 Kecamatan dan akan langsung datang ke 309 desa/kelurahan bersama BJB dengan total penerima bantuan sebanyak 18.983 orang dan total anggaran sampai Rp25 milliar," Ujarnya, Jumat, (17/3). 

Mantan Kasie Kesos Kecamatan Cilamaya Wetan ini menjelaskan, bahwa program bantuan kepada guru ngaji, amil, marbot, guru dta, guru TPQ dan madrasah sudah berjalan dari tahun 2014.

"Program bantuan sudah mulai dari tahun 2014 dari awalnya penyaluran langsung tunai, kalau sekarang non tunai jadi bekerja sama dengan BJB, jadi nanti para menerima tabungan rekening,"tukasnya.

Adapun untuk besaran bantuannya adalah Rp 1,5 juta untuk guru ngaji, amil, guru dta, guru TPQ dan madrasah sedangkan marbot bantuanya sebesar Rp 1,2 juta. (rd)