Jelang Idul Adha, bukan saja hewan kurban yang mengalami kenaikan harga, tetapi justru kenaikan juga terjadi pada komoditas pangan lainnya seperti ayam. Bahkan, selama sepekan terakhir, daging ayam yang biasa harga normal di kisaran Rp23-25 ribuan perkilogramnya, saat ini sudah tembus harga diatas Rp40 ribu perkilogram. Atas kondisi ini, sejumlah penjual ayam broiler memilih menyetop sejenak usaha mereka karena membengkaknya modal hingga biaya produksi lainnya, tak heran daging ayam justru terbilang langka di sejumlah lokasi.
Foto : Ayam Ternak Ilustrasi


"Ya di beberapa kandang kosong, kalaupun ada harganya sudah Rp40 Ribuan perkilogram, ini gimana ngatur harganya. Soalnya saya pedagang warteg juga, " Kata Hamidah, Selasa (27/6/2023).

Sementara itu, HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polres Karawang menggelar operasi pasar murah guna menstabilkan harga daging ayam, sebagai upaya pengendalian Inflasi dan Stabilisasi harga Kebutuhan terutama harga daging ayam yang akhir akhir ini naik.

Kapolres Karawang melalui Kasat Intel, AKP. Agustinus Manurung mengatakan hari ini Selasa (27/6/2023) Polres Karawang melaksanakan pasar murah di dua lokasi yaitu di seputaran Kantor Kecamatan Klari dan di lapangan Karang Pawitan. Gelaran pasar murah ini sebagai tindak lanjut dari operasi pasar Satgas pangan Karawang kemarin karena di temukan adanya kenaikan harga daging ayam yang cukup signifikan disekitaran harga Rp.40.000 hingga Rp. 45.000/Kg,”ucapnya, Selasa (27/6/2023)

Lebih lanjut Agustinus menjelaskan, di pasar murah ini kami menjual ayam frozen sebanyak 2.000 potong dengan harga jual Rp.35.000,-/potong, dilokasi pertama tadi di Klari, kami melihat antusias warga khususnya ibu ibu mendatangi lokasi penjualan ayam potong.

Agustinus berharap, pasar murah dari Polres Karawang ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat akan kebutuhan daging ayam, dan dapat segera menstabilkan kembali harga daging ayam dipasaran, mudahan mudahan besok harga daging ayam sudah kembali normal,”tandasnya. (Rd)