Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-50, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang melakukan Explorer Gunung Sanggabuana. Explorer pemuda itu dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu, 29-30 Juli 2023 di Gunung Sanggabuana, Karawang.(2/8/23).
Foto : KNP Kabupaten Karawang melakukan Explorer di Gunung Sanggabuana.

Nelson Sitepu, ST MSi,selaku Ketua Pelaksana Pemuda Explorer mengatakan, hal ini adalah merupakan program dari Bidang Penanggulangan Bencana DPD KNPI Karawang. Tujuannya dari kegiatan tersebut adalah membangun jiwa pemuda yang prososial, silaturahmi dengan pengurus serta pengurus PK kecamatan se-kabupaten Karawang salah satunya adalah DPK kecamatan Tegalwaru yang menjadi tuan rumah sekaligus menjadi pemandu menuju puncak gunung tertinggi di Karawang.

Juga menumbuhkan pemuda yang akan cinta alam,serta menikmati ciptaan sang pencipta hingga tumbuh rasa syukur. Dan tak kalah penting, pemuda mengetahui potensi di wilayah Karawang Selatan gunung puncak tertinggi di Kota Pangkal Perjuangan.


“Banyak sekali makna yang kita dapatkan setelah explorer gunung Sanggabuana. Berawal kaki berpijak ke wilayah pegunungan, kita akan mengetahui karakter dan adat istiadat masyarakat setempat. Lalu berjalan menuju puncak, ada pos-pos yang terlewati kita akan tau kondisi lingkungan, sejarah lingkungan, hingga mata pencarian masyarakat setempat,” katanya.


Apel pemuda explorer di puncak gunung Sanggabuana

Saat melakukan pendakian, lanjut Nelson, akan diketahui karakter masing-masing pemuda. Jarak tempuh ribuan meter yang terjal dengan ketinggial 1291 MDPL. Tingkat emosi tidak stabil, ego akan muncul. Disitulah menjadi suatu pelajaran untuk pemuda,khususnya kita semua.


“Kami bangga. Dengan explorer Sanggabuana ini, kita bisa menyatukan dan membentuk karakter dari masing masing pemuda menyolidkan pemuda. Dan banyak hikmah yang kami dapatkan,” kata Nelson.


Di puncak Sanggabuana, Nelson menyebutkan pemuda bermalam disuatu tempat yang masih alamiah. Dimana biasanya pemuda tidur di kasur empuk, tidur nyaman dan nyenyak. Tetapi di puncak, penerangan pun seadanya. Semua nya serba alam.

“Semalam kita bersahabat dengan alam. Nuansa malam hari di puncak gunung Sanggabuana Karawang. Banyak pelajaran yang kita dapatkan di malam hari, termasuk berdialog dengan tokoh masyarakat setempat dan para peziarah,” ujarnya.
Pagi hari, kata dia, lanjut berpetualang di sekitar puncak gunung. Tak terkecuali membersihkan sampah di sekitar. “Sebelum kita turun gunung, kita melakukan pembersihan sampah di puncak. Selain bersih, kita memberikan contoh untuk yang lain agar menjaga kebersihan,” ulasnya.


Sekretaris KNPI Karawang, Yakub Fauzi menambahkan, perayaan HUT KNPI ke-50 bermula dari syukuran potong tumpeng. Dilanjutkan ziarah ke makam para ketua, pengurus KNPI yang sudah almarhum. “Juga kita hadir ke Jakarta, KNPI pusat dalam perayaan HUT KNPI ke-50 Tahun,” kata Yakub.

Lanjutnya, explorer pemuda Sanggabuana merupakan rangkaian perayaan hari jadi organisasi pemuda. Nantinya ada kegiatan lainnya yang akan dilakukan. “Rangkain kegiatan masih kita dilangsungkan. Untuk kemeriahan hari jadi ke-50 tahun KNPI,” tandasnya.(red/oc).