Breaking News
---

Bermanfaat Bagi Perempuan, Ini 7 Makanan Sehat Agar Siklus Menstruasi Teratur

Setiap bulan, wanita dewasa mengalami menstruasi. Umumnya, lama antar tiap periode sekitar 24 sampai 32 hari. Namun, sebagian wanita juga ada yang memiliki periode menstruasi tidak teratur. Gejalanya terlihat ketika siklus menstruasi lebih dari 35 hari atau bahkan lebih dari itu.

Foto ilustrasi: Perempuan lagi tidur

Masalah menstruasi tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya terjadi karena kadar estrogen tidak seimbang dan aliran darah yang tidak teratur di daerah panggul.

Faktor lain, seperti obesitas juga bisa menyebabkan masalah ini. Penambahan berat badan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu kadar insulin. Ketidakseimbangan hormon ini yang menyebabkan gangguan hormonal lain seperti PCOS.

Tidak perlu khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat alami. Dilansir dari healthifyme , Jumat (8/9/23) sebagai berikut:

1. Kayu manis

Konsumsi kayu manis dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak teratur. Kayu manis memiliki kemampuan merangsang aliran darah di panggul dan meningkatkan estrogen yang dibutuhkan. Kayu manis juga bisa mengurangi sakit perut, mual, dan muntah selama menstruasi.

Untuk hasil yang baik, kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam segelas susu.

2. Pepaya

Kandungan karoten dalam pepaya bisa mengatur siklus menstruasi. Membuat pepaya menjadi salah satu makanan terbaik ketika punya masalah menstruasi tidak teratur. Pepaya dapat merangsang dan mengatur kadar estrogen dalam tubuh.

Pepaya juga tinggi kandungan vitamin A, kalsium, dan potasium. Kandungan vitamin dan mineral inilah yang dapat mengatur siklus menstruasi tidak teratur.

Pepaya dapat dimakan secara utuh atau diolah menjadi jus. Pepaya juga bisa dipotong lebih kecil untuk dijadikan topping pada salad.

3. Jahe

Jahe memiliki Kandungan vitamin C dan magnesium yang sangat baik untuk mengatasi masalah menstruasi tidak teratur. Jahe juga dapat membantu produksi estrogen alami dalam tubuh dan menormalkan keteraturan menstruasi.

Jahe juga mengandung gingerol yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Kandungan tersebut bisa mengkontraksikan otot-otot rahim dan memfasilitasi keseimbangan hormonal.

Jahe bisa dijadikan teh herbal dan ditambah dengan sedikit jus lemon atau madu. Sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong di pagi atau sore hari untuk sekaligus meningkatkan metabolisme.

4. Kunyit

Kunyit sering menjadi obat alami yang dapat mengatasi banyak masalah penyakit, termasuk masalah menstruasi. Kunyit menjadi sumber estrogen alami yang penting mengatur hormon menstruasi.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu mengurangi kram dan peradangan selama menstruasi.

Jika ingin mempercepat menstruasi, cobalah konsumsi kunyit dengan susu hangat dan madu.

5. Kopi

Kopi mungkin terdengar sebagai minuman yang kurang baik dikonsumsi ketika memiliki masalah kesehatan. Namun, minum kopi justru bisa membantu memperlancar siklus menstruasi yang tidak teratur.

Kafein pada kopi adalah obat alami bagi mereka yang menderita haid tidak teratur dan nyeri haid tidak normal. Kafein di dalam kopi mengatur tingkat estrogen, meningkatkan aliran darah di daerah panggul, dan mengatasi penyempitan pembuluh darah selama menstruasi.

Namun, perlu diingat, kopi yang dikonsumsi sebaiknya kopi hitam tanpa tambahan gula.

6. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelin dan merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengatur siklus menstruasi.

Konsumsi nanas mampu meningkatkan aliran darah dengan menghasilkan sel darah merah dan putih. Jenis buah ini juga mengurangi kemungkinan penggumpalan darah dan pembengkakan selama menstruasi.

Untuk hasil yang efektif, nanas sebaiknya dikonsumsi sebagai buah utuh.

7. Lidah buaya

Tidak hanya dipakai sebagai bahan dasar skincare atau obat-obatan kimia, secara alami lidah buaya juga bisa mengatasi masalah menstruasi tidak teratur.

Lidah buaya bisa diolah menjadi jus dan dikonsumsi selama masa menstruasi tidak teratur. Minum jus lidah buaya dapat meningkatkan metabolisme dan dan menjaga sistem usus tetap sehat.

Lidah buaya membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon dan mengatasi ketidakteraturan menstruasi. Namun, lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi saat menstruasi sebab dapat memicu kontraksi rahim.(***)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan