Breaking News
---

Polres Karawang Berikan Pembinaan dan Pelatihan Awak Satkamling di Karawang Wetan

Kelihatannya aparat kepolisian akan menghidupkan kembali Satkamling (satuan keamanan lingkungan) bagi kampung, baik yang berada di desa-desa maupun kota.(28/12/23).

Foto : Pemberian pelatihan awak Satkamlinya di Karawang Wetan


Kebijakan ini nilai sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama untuk kenyamanan warga dalam menjalankan aktivitas di malam hari. 

Tampak langkah awal Satkamling ini sudah dilakukan oleh Polres Karawang melalui jajaran Satbinmas.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ipda Moch Arif Riswandi KBO Satbinmas Polres Karawang, saat ditemui di wilayah Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur.

Arif sebutkan Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, diharapkan dengan kehadirannya mampu menjadi instrumen peringatan dini terhadap potensi kejahatan sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan secara cepat. Satkamling memiliki peran sentral pula dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terutama dalam rangka menghadapi agenda nasional yakni Pemilihan Serentak pada tahun 2024.

Polri akan terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan” ujar Arif sambil senyum.


Kemudian dIkatakannya, selama Satkamling berlangsung maka sudah bisa dipastikan angka pencurian akan menurun di kampung-kampung, terutama jika ronda malam dilakukan secara rutin. Si pencuri akan berfikir panjang untuk memasuki suatu daerah dimana warganya penuh siaga melaksanakan Satkamling setiap malam. Satkamling memiliki peran penting karena menjadi garda terdepan mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat, ulas Arif, menegaskan.



Satkamling merupakan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarkat dalam mewujudkan stabilitas keamanan. Dia mengatakan pula situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional. Ia pun berpesan agar dalam pelaksanaannya, tim yang tergabung dalam Satkamling harus tetap bersinergi dengan TNI/Polri dan perangkat lainnya. Hingga saat ini pihaknya terus mendorong beberapa kampung untuk lebih maksimal dalam mengaktfikan pos Satkamling.


Diketahui, Ipda Moch Arif Riswandi  bersama sejumlah anggota dari Satbinmas Polres Karawang sedang melakukan pembinaan dan pelatihan kepada awak satkamling di Kampung Sukasari RT 002 RW 004 Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan Karawang Timur,Kabupaten Karawang. (24/12/23). 

Masih dikatakannya, pemberian materi pelatihan berupa penggeledahan badan dan mengamankan pelaku kejahatan dengan ikatan tali maupun borgol. Hal ini dilakukan sebagai pengetahuan kepada awak Satkamling. Jangan sampai saat mengamankan pelaku malah di hakimi massa, ini jangan sampai terjadi di wilayah Karawang,ucapnya, mengingatkan.

Kegiatan hari ini,sambungya, dilakukan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Karawang dan menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif menjelang Pemilu yang damai tahun 2024, pungkas dari Ipda Moch Arif Riswandi mengakhiri.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan