Breaking News
---

Wacana Menkes Hadirkan Dokter Asing Disambut Baik

Ketua Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia wilayah DIY Dr. dr. Budiman MHum, A.P, merespons, positif wacana naturalisasi dokter asing ke Indonesia. Hal itu diyakini akan meningkatkan kualitas pelayanan medis di tanah air.

Wacana Menkes Hadirkan Dokter Asing Disambut Baik

"Keadaan dokter kita memang sudah baik, tetapi Menteri Kesehatan (Menkes) ingin menaikan kelas. Ya kita sambut baik, ini bagus,” kata Budiman yang juga ahli hukum kesehatan ini, saat berbincang bersama Pro3 RRI, Selasa (28/05/2024), pekan ini.

Budiman mengatakan, wacana seperti itu  sah-sah saja diberlakukan. Asalkan, berpihak untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan dibarengi dengan berbagi ilmu.

Ditanya tentang daya saing dengan dokter-dokter di tanah air mendatang, budiman menjawab, tidak perlu merasa bersaing. Karena, lanjutnya, untuk kepentingan masyarakat, seluruh pihak bisa bekerja bersama demi menaikan mutu bidang kesehatan. 

“Masyarakat pasti mau dapat layanan yang terbaik, siapa yang tidak mau keluhan-keluhanya cepat tertangani. Karena ya itu tadi, sejauh ini memang beda pelayanan di indonesia dengan luar negeri,” ucapnya.

Di Indonesia, Budiman menilai, ada 4 kategori dokter spesialis masih kurang. Di antaranya jantung, bedah, kandungan, dan anak. 

"Wacana ini harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas kesehatan dan penambahan tenaga kesehatan seperti perawat. Selain itu, menempatkan dokter (naturalisasi) ke daerah yang memang membutuhkan dan belum tertangani," ujarnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, kehadiran tenaga kesehatan asing menjadi salah satu cara membuat kualitas layanan kesehatan Indonesia lebih baik. Ia menggunakan, analogi contoh timnas Indonesia yang mendatangkan pemain naturalisasi hingga sukses di piala Asia.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan