Breaking News
---

Pemerhati Harap Prabowo Bentuk Kabinet Ahli

Peneliti Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum), Ferdian Andi berharap Prabowo-Gibran memilih para menterinya yang memiliki keahlian. Menurutnya, dari manapun asalnya, partai atau non partai, harus punya keahlian dibidangnya.

Foto ilustrasi Kabinet Prabowo -Gibran

Hal ini, katanya, perlu dipikirkan Prabowo agar kabinetnya bisa berjalan efektif dan bisa mencapai target untuk kepentingan rakyat. Jangan sampai, katanya, penunjukan menteri berdasarkan pemenuhan jatah partai pendukung.

“Bisa dikatakan kabinetnya harus kabinet ahli. Saya juga setuju dengan usulan agar calon menteri dipilih lewat uji kepatutan dan kelayakan seperti usulan Efendi Simbolon,” katanya, Jumat (5/7/2024).

Namun, usulan Effendi Simbolon agar uji tersebut dilakukan oleh publik atau secara terbuka, kemungkinan sulit dilakukan. Partai, katanya, tentu tidak ingin kader yang diusulkan masuk kabinet dikuliti oleh publik. 

“Tidak mungkinlah jika uji kepatutan dan kelayakan seperti yang di lakukan di DPR misalnya. Uji kepatutan dan kelayakan bagi calon menteri, mungkin bisa dilakukan oleh Prabowo dan tim yang berkompeten,” tambah Ferdian.

“Asal hasil proses uji tersebut benar-benar menyentuh substansi penting pembentukan kabinet. Apa itu? ya harus benar-benar orang yang dipilih adalah ahli dibidangnya dan bekerja untuk rakyat," tambahnya.

Sebelumnya, Effendi Simbolon berharap kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dipilih lewat uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test oleh publik. Hl ini dilakukan agar pemerintahan Prabowo menjalankan tugasnya dengan baik dalam melayani rakyat. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan