Warga luar Jawa Barat telah diizinkan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Bandung Barat, Jabar, pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) mulai Selasa, 7 Juli 2020. Objek wisata boleh dikunjungi hingga 50 persen kapasitas.(6/7/2020).
 
Selain tetap mematuhi standar protokol kesehatan, pengelola objek wisat wajib mematuhi aturan. Pengunjung dengan usia di bawah 3 tahun dan lanjut usia 60 tahun ke atas tidak boleh masuk.
 
"Kami sudah berkomunikasi dengan gubernur, minggu depan dibolehkan, kalau akhir pekan sekarang belum. Tentu saja pengelola harus menjaga protokol kesehatan," kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, saat memantau objek wisata Farmhouse Lembang, Minggu, 5 Juli 2020.



Aa Umbara mengatakan, alasan diizinkannya wisatawan luar Jawa Barat berkunjung seiring dengan berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta hasil evaluasi pascasebulan objek wisata dibuka.
 
"Kita juga melihat penurunan kasus covid-19 di Bandung Barat. Kami sempat berbincang dengan pengelola wisata dan mereka siap menerima tamu dengan protokol kesehatan," terangnya.
 
Di tempat yang sama, Kapolres Cimahi, AKBP Yoris Maulana Yusuf Marzuki, mengungkapkan seiring diizinkannya masyarakat luar Jawa Barat berkunjung ke Bandung Barat, pihaknya akan mempertebal pengawasan di objek wisata.
 
"Setiap objek wisata akan dikawal 5 anggota polisi serta TNI," ungkap Yoris.
 
Pihaknya telah mengecek kesiapan pengelola objek wisata dalam menyambut wisatawan luar daerah. Dia menyebut semua pengelola siap mematuhi aturan yang berlaku.
 
"Seluruh karyawan memakai masker, face shield dan sarung tangan, setiap pintu masuk juga sudah disediakan tempat cuci tangan. Nah ini yang kita harapkan, dengan kebiasaan AKB masyarakat tetap ramai berkunjung namun selalu mengedepankan bagaimana cara menghindari covid-19," bebernya.
 
Sementara itu, pantauan lalu lintas di kawasan wisata Lembang menunjukkan adanya peningkatan arus kendaraan. Untuk mencegah penumpukan kendaraan, sejumlah anggota polisi ditugaskan di beberapa titik keramaian.**ts