Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

SMK PGRI Telagasari Fasilitasi Pelatihan Operator Forklift Bagi Alumni

Redaksi
Wednesday, September 02, 2020, 12:42 WIB Last Updated 2020-09-02T05:42:39Z
Lowongan Operator Forklift kini semakin banyak. Tak hanya untuk kebutuhan industri di perusahaan sampai supermarket, tetapi juga material berksala besar dan sektor lainnya sedang membuka kesempatan di dunia kerja. Namun, menjadi operator kendaraan jenis forklift yang mampu membongkar pasang barang bertonase ini, bukan perkara mudah, selain butuh konsentrasi yang fokus, laju kendaraan yang nyaris sama dengan roda empat lainnya ini, berbeda fungsi dan kesulitannya tersendiri. Tak heran, dunia kerja yang menerima operator forklift ini, mewajibkan penyertaan lampiran sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dengan lembaran Surat Izin Operator (SIO) yang khusus dan tidak murah. Karenanya, Mempermudah para alumni belajar mengoperasikan dan mengejar sertifikasi untuk serapan dunia kerja, SMK PGRI Telagasari fasilitasi para alumninya kursus operator ini di sekolah dengan forklift yang dibeli pihak sekolah dan di bawah pembinaan instruktur ahli. 

Seorang alumni SMK PGRI Telagasari tengah belajar Operasikan Forklift di lingkungan Sekolah

"Kesulitan mereka belajar perdana itu, maju dan memudurkan forklift, dan butuh fieling yang kuat untuk memposisikan benda yang akan di bongkar pasang. Tapi Alhamdulillah, tiga hari mereka lancar dan berhak mendapat sertifikat dari sekolah, " Kata Instruktur Forklift SMK PGRI Telagasari, Tabroni, Rabu (2/9). 

Dalam sehari, sambungnya para alumni yang minat dan mendaftar belajar, berlatih mengoperasikan forklift ini dua kali dengan durasi 1,5 jam. Setelah lancar, bisa untuk pengajuan Sio ke Disnaker yang jadi pra syarat masuk dunia kerja yang membutuhkan operator forklift ini. "Yang daftar ikuti pelatihan ini sebanyak 15 orang alumni, kita gembleng terus sampai bisa," Pungkasnya.

Kepala SMK PGRI Telagasari H Yan Yan Sopyanudin ST MM mengatakan, pihaknya belikan kendaraan forklift ini bukan saja untuk keperluan barang di sekolah, tetapi juga memfasilitasi para alumni untuk belajar jadi operator forklift bagi yang meminatinya. Pengumuman pelatihan ini, ia sebar via jejaring media sosial dan jaringan alumni, apalagi yang hendak melamar operator khusus forklift ini, baik di dunia industri maupun non industri. Sebab, memiliki sertifikasi operator forklift maupun SIO dari Disnaker ini penting sebagai pra syarat lamaran kerja. Bahkan, sekedar mendapatkan SIO saja, ini bukan perkara murah karena harus merogoh kantong jutaan rupiah. Atas dasar itulah sebut Yan Yan, para alumni di fasilitas pelatihan operator ini di sekolah yang di bina langsing instruktur ahli. " Ada lowongan, mereka butuh keahlian dan tersertifikasi, pihaknya langsung fasilitasi. Alhamdulillah, mereka bisa belajar mengoperasikan kendaraan bongkar muat barang itu di sekolah, " Katanya.
Ia berharap, dengan fasilitas ini, para alumni bisa memanfaatkannya untuk menjawab tantangan dunia kerja. Sebab, operator forklift sedang banyak di butuhkan, bukan saja di dunia industri dan perusahaan, tetapi juga di swalayan, supermarket, material berskala besar dan sektor lainnya. "Operator forklift ini dibutuhkan banyak dunia kerja, kita ingin alumni kita terlatih untuk menjawab tantangan itu, " Pungkasnya. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • SMK PGRI Telagasari Fasilitasi Pelatihan Operator Forklift Bagi Alumni
  • 0

Terkini