Diduga ada masalah dengan sistem pengereman, sebuah Bus “Mikka Tiara” bernopol AB-7701-JN yang sedang membawa rombongan peziarah asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meninggalkan Colo menuju kearah selatan melalui jalur Gembong Pati. Sejurus kemudian, sekitar pukul 19.30 WIB, bus yang dikemudikan oleh Anton Novani (45) warga Indramayu Jawa Barat, itu mengalami kecelajaan sesampainya di leter S turut Desa Tergo, Kecamatan Dawe Kudus, Sabtu (13/02/2021).

Bus Rombongan Ziarah Asal Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Alami Kecelakaan Tunggal di Kudus Jawa Tengah

Menurut Kanit Laka Polres Kudus Ipda Firman Abit Prasetya mengatakan, bus berjalan dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang.

“Saat sampai di TKP jalan menurun Bus tidak dapat mengurangi kecepatan dan terperosok ke luar jalan, sehingga mengakibatkan kecelakaan tersebut. Untuk penyebab laka menurutnya, masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Namun sejumlah warga menyebut, sopir tidak bisa menguasai laju bus, di karenakan Rem tidak berfungsi baik dan tidak bisa menahan laju bus yang akhirnya terperosok di kebun milik Suhardi Desa Tergo RT 01/ 01, Dawe, Kudus. "Akhirnya sopir membiarkan saja laju bus untuk masuk ke area ladang kebun yang berada di letter S dan laju bus dapat terhenti,” lanjut Firman.

Menurutnya, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun 6 orang mengalami luka ringan dan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Satu orang merupakan kernet bus dan lima lainnya adalah para penumpang. Mereka mengalami patah tulang dan lecet-lecet. Kini sebagaian dari mereka sedang dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus,” kata dia.

Dari data yang diperoleh media ini para penumpang sebagian besar merupakan warga Desa Mukti Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Kerawang Jawa Barat yang sedang melakukan ziarah Wali songo. (Rd/YM)