Banjir saat musim penghujan dan kekeringan saat musim kemarau di alami para petani di bantaran kali asin Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon. Bendungan yang rusak dan belum permanen itu, di keluhkan langsung para petani setempat dihadapan Anggota DPRD Karawang Dapil IV dari Partai Bulan Bintang, H Mulya Syafari tahun 2020 lalu. Wal hasil, bendungan yang menjadi harapan warga dan petani Sumurgede itu, di pastikan bakal realisasi tahun 2021 ini. 

DPRD Partai Bulan Bintang Dapil IV Saat Reses di Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon

Kepastian itu, diungkapkan langsung Mulya Syafari, di sela-sela reses pertama tahun 2021 di Kantor Desa Sumurgede baru-baru ini.

"Bendungan kali asin Sumurgede yang tahun kemarin berharap segera direalisasikan untuk membantu pengairan sawah di wilayah ini, insha Allah tahun ini digarap, " Katanya, Kamis (11/2).

Bendungan itu, sebut Mul belum permanen dan sangat dirasakan keberadaannya untuk pengairan sawah hampir ratusan hektar, baik di Sumurgede, maupun sebagian Manggungjaya. Akses bendungan ini, diharapkan bisa mengairi sawah dengan lancar, sehingga selain menopang tanam serempak yang selalu di gelorakan Dinas, juga untuk percepatan produksi pertanian lebih baik lagi. "Semoga, akses bendungan ini setelah di rehabilitasi lewat aspirasi, pengairan semakin lancar dan bermanfaat bagi masyarakat tani, " Ungkapkya. (Rd)