Sedikitnya 10 unit rumah di kawasan padat penduduk di Cibeunying Kaler, Kota Bandung, hangus terbakar, Kamis (25/2/2021). Meski penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun berdasarkan penuturan salah satu tetangga rumah yang peristiwa tersebut diawali oleh suara ledakan.

Kepala Seksi Rescue Diskar PB Yogi Mamesa mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.15 WIB dan api baru dapat dipadamkan sekitar 140 menit kemudian.

Menurut Yogi, kebakaran yang terjadi di Jalan Melania Gang 1 RT 2-3 RW 1, Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung itu menimbulkan kerugian materi yang ditaksir hingga Rp450 juta. "Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ungkap Yogi.

Berdasarkan pengakuan salah satu tetangga korban kebakaran, Tardi (45), lanjut Yogi, sebelum kebakaran terjadi, terdengar suara ledakan dan teriakan kebakaran. "Setelah diperiksa, api ternyata sudah membesar. Warga sekitar sempat melakukan penanganan awal menggunakan alat seadanya," ujarnya.

Setelah menerima laporan dari warga setempat, pihaknya pun langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dan penyekatan. "Akibat kebakaran ini, sebanyak 13 kepala keluarga dan 39 jiwa terdampak," imbuh Yogi.

Yogi juga mengatakan, pihaknya melakukan pemadaman secara menyeluruh pada bagian rumah yang terbakar, termasuk berkoordinasi dengan saksi, pelapor, dan aparat kewilayahan.

Pihaknya menerjunkan 18 unit alat pemadam, di antaranya 4 unit pancar Mako Pusat, 2 unit pancar UPT Utara, 1 unit pancar UPT Barat, 1 unit pancar UPT Timur, 1 unit pancar UPT Selatan, 1 unit rescue, 3 unit water tanker dan 5 unit komando. "Api tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran selama 140 menit," katanya.***Sindonews