Pusat Pengendalian dan Operasi Pengendalian Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, menyatakan, 20 desa di Kabupaten Bekasi, terendam banjir dengan ketinggian air antara 30-120 cm.


Sebanyak 20 desa yang terendam banjir tersebut tersebar di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Tambun Selatan, Cibitung, Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Cibarusah, Cikarang Utara, dan Kecamatan Serang Baru.

Dalam laporannya, Komandan Regu Pusdalops PB BPBD Jabar, Fadly menyebutkan, di Kecamatan Tambun Selatan, tiga desa dan kelurahan terendam banjir , yakni Kelurahan Jatimulya, Desa Setia Mekar, dan Desa Mangun Jaya. " Ketinggian air antara 50-100 cm," sebutnya, Sabtu (20/2/2021).

Di Kecamatan Cibitung, dua desa yakni Desa Wanasari dan Desa Wanajaya terendam banjir dengan ketinggian air 60-100 cm. Sedangkan di Kecamatan Setu, tiga desa yakni Desa Ciledug, Taman Rahayu, dan Burangkeng terendam banjir antara 50-70 cm. "Di Kecamatan Cikarang Selatan, banjir merendam Desa Sukadami, dengan ketinggian air antara 30-40 cm," katanya.

Fadly melanjutkan, banjir juga merendam dua desa di Kecamatan Cikarang Pusat, yakni Desa Jayamukti, dan Desa Pasirranji dengan ketinggian air antara 40-80 cm dan di Kecamatan Cibarusah, banjir merendam tiga desa dengan ketinggian air antara 80-100 cm di Desa Sirnajati, Sindangmulya, dan Desa Ridogalih.***ts