Bagi para calon mahasiswa baru jangan sampai terlena dengan libur yang sudah di depan mata. Sebab, pada Senin (15/2) mendatang pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dimulai.

Pendaftaran SNMPTN 2021 akan dibuka pada 15 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Pendaftaran akan dapat diakses menggunakan akun LTMPT siswa. Pendaftaran ini akan dibuka sampai dengan tanggal 24 Februari mendatang.

SNMPTN sendiri adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang ditentukan berdasarkan nilai akademik saja atu berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya. Kuota SNMPTN yang ditetapkan adalah 20 % per PTN. Seluruh biaya dalam proses ini akan ditanggung oleh pemerintah.

Sementara, siswa yang berhak mendaftar SNMPTN di tahun 2021 ini adalah siswa yang memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen paling lambat 23 Februari pukul 15.00 WIB. Selain itu siswa yang berhak mendaftar adalah siswa yang eligible menurut pemeringkatan yang dilakukan sekolah.

Proses pendaftaran SNMPTN ini sudah menempuh jalan panjang. Dimulai dari proses registrasi akun LTMPT dimana akun LTMPT merupakan syarat untuk pendaftaran SNMPTN dan juga SBMPTN. Dilanjutkan degan penetapan siswa yang eligible oleh sekolah.

SNMPTN

Siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah inilah yang berhak diisikan dalam proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) kemudian bisa melakukan pendaftaran SNMPTN pada Senin mendatang.***


Sumber : Sindonews