Notification

×

Iklan


Iklan

Untuk Besok , Awas !!! BMKG Keluarkan Lagi Prediksi Potensi Banjir

Saturday, February 20, 2021 | 19:11 WIB Last Updated 2021-02-20T12:11:10Z

Meteorologi dan klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi 15 Provinsi di Indonesia untuk waspada terhadap banjir.

Karena itu masyarakat diharapkan dapat mewaspadai adanya potensi dari hujan lebat yang terjadi sepanjang Sabtu ini hingga besok, Minggu, 21 Februari 2021.

Foto Banjr di Karawang

Seperti dikatakan oleh Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin yaitu Rizqi Nur Fitriani bahwa Kalimantan Selatan bahkan diprediksi terjadi banjir bandang.

Kalimantan Selatan menjadi salah satu daerah yang berstatus waspada akan dampak banjir atau bahkan banjir bandang ini," kata Rizqi Nur Fitriani seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 20 Februari 2021.

14 provinsi lain selain Kalimantan Selatan yang berstatus siaga yaitu Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Selain itu Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua Barat juga termasuk berstatus waspada.

Status yang diberikan kepada 15 Provinsi itu berdasarkan pada prakiraan cuaca berdampak banjir tersebut berdasarkan prakiraan hujan lebat yang ditemukan oleh BMKG.

Data temuan untuk lokasi tersebut, diperkirakan adanya potensi banjir, sehingga berwarna kuning dengan status di tingkat waspada.

"Artinya kecenderungan hujan tinggi, untuk dampak kerusakan minor atau jaringan serta melakukan mitigasi bencana," kata Rizqi Nur Fitri.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan saja misalnya diperkirakan akan ada enam wilayah seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten hulu Sungai dan Kabupaten Tabalong yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin cukup kencang.

Tidak hanya wilayah darat, wilayah laut juga perlu diwaspadai akan adanya potensi gelombang tinggi mencapai tiga meter di perairan selatan Kalimantan atau Laut Jawa.

Sebab itu kapal-kapal nelayan, kapal ferry dan kapal besar diminta untuk waspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem tersebut.

Sementara itu prediksi adanya hujan lebat juga telah diprediksi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk wilayah DKI Jakarta pada besok, Minggu 21 Februari 2021.

Prediksi hujan lebat itu selain terjadi di Jakarta, namun juga terjadi di wilayah lain seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Karawang. Oleh sebab itu untuk warga yang bermukim di lokasi yang berpotensi terdampak banjir, agar dapat bersiap siaga.***

X
X