Pemerintah berkomitmen menyediakan akses digital yang mudah, dan bebas untuk semua kelompok masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Salah satu upaya yang sedang dijalankan yakni dengan peningkatan infrastruktur digital.

 
Foto : Ilustrasi
Hal itu disampaikan Tenaga Ahli (TA) Menteri Komunikasi dan Informatika, Lathifa Al Anshori dalam Webinar Sosialisasi Disabilitas Unggul Wujudkan Indonesia Inklusi, pada Selasa (2/3/2021). "Pemerintah juga menyiapkan kebijakan untuk mendukung inklusi digital  seperti Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi," tegasnya.
 
Menurut Lathifa, inklusi digital juga perlu ditujukan kepada sejumlah kelompok yang rentan, seperti kaum perempuan di bidang UMKM, korban kekerasan, dan generasi Z. "Inklusi digital juga harus seiring dengan pemulihan ekonomi," katanya.
 
Selain itu, Lathifa menuturkan terdapat tiga tantangan dalam inklusi digital. "Tantangan pertama masih rendahnya literasi digital dan finansial yang rendah," ungkapnya.
 
Tantangan kedua, kata Lathifa, kesenjangan informasi dan infrastruktur khususnya di daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal), seperti di Papua.
 
Sedangkan tantangan ketiga yakni perempuan belum banyak  yang aktif di sektor formal. Ia menambahkan, generasi muda termasuk para penyandang disabilitas harus menjadi aktor inklusi digital.
 
Sementara itu, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial (Kemensos) Eva Rachmi Kasim  mengatakan pihaknya memiliki program Asistensi Rehabilitas Sosial (Atensi).
 
Menurut Eva, program itu berbasis pada keluarga dan komunitas yang bertujuan untuk pemulihan fungsi sosial penyandang disabilitas.
 
Eva menyatakan beberapa program Atensi antara laian pemenuhan hidup layak, serta pelatihan vokasional. "Dukungan aksesibilitas dan terap fisik juga ada di Atensi," ujarnya.
 
Ia menuturkan beberapa cerita sukses penyandang disabilitas seperti Widhyantari yang memiliki hak paten usaha kopi di Bali. "Di Makasar ada juga penyandang disabilitas yang bisa membuat kursi roda elektrik," katanya.**ts