Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang, sedang melakukan pendataan situ yang ada di wilayahnya untuk dinormalisasi. Hal itu untuk mengurangi luapan sungai agar tak menimbulkan banjir.

Kadis PUPR Dedi Ahdiat

Kepala Dinas PUPR Karawang, Dedi Ahdiat mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan situ-situ yang ada di Karawang. Agar kedepan bisa di normalisasi, dan kedepan juga pihaknya bakal menambah embung di sejumlah wilayah termasuk di kawasan industri.

"Kami berharap untuk embung di kawasan industri itu bisa dibangun oleh pihak kawasan. Sementara kami fokus pada pembangunan embung di wilayah yang rentan banjir," ujar Dedi saat mengawasi pembersihan saluran pembuang di Taman Bencong, Kamis (4/3).

Dikatakan, untuk tahun ini pihaknya bakal membuat embung dekat perumahan Karaba yang dekat dengan sungai Cikalapa dengan anggaran Rp 2,9 miliar, meskipun anggaran yang dibutuhkan itu sekitar Rp 11 miliar. "Kalau kurang mungkin kita minta tambahan saat APBD perubahan," katanya.

Dijelaskan, untuk saat ini pihaknya sedang fokus membersihkan saluran pembuang dulu dengan mengererahkan pasukan waker. "Untuk penyelesaian banjir di Karawang perlu ada kordinasi dengan BBWS, PJT, Pemprov Jabar serta pusat. Sebab penuebab banjir itu dari luapan air sungai yang ada di Karawang," katanya.

Untuk di daerah, kata Dedi, pihaknya juga sedang menyiapkan masterplan drinase agar saluran tidak ada lagi yang terlalu kecil sehingga ketika hujan terjadi genangan. "Jadi kita persiapkan perencanaan dulu agar pembangunan infrastrukturnya efektif kedepannya," jelasnya. **use