BNPB Dorong Gerakan Mitigasi Vegetasi Pantai

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mendorong gerakan mitigasi vegetasi partisipasi bencana dan penanaman pohon di pinggir pantai.

Dalam kesemptan ini, Doni Monardo melakukan penanaman pohon palaka (Octomeles sumaterana miq) dan pohon butun (Barringtonia asiatica) di Pantai Cemara Sewu, Desa Bunton, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

"Saya bersama dengan rombongan dari provinsi Jawa Tengah dan juga pejabat dari Kabupaten, dan perwakilan dari Kementerian dan Lembaga, serta dari TNI menyelenggarakan kegiatan menanam pohon di Pantai Cemara Sewu, Desa Bunton," kata Doni dalam video news release yang diterima, Rabu (28/4/2021).

Dia mengatakan, Desa Bunton dipilih sebagai lokasi penanaman bibit pohon karena desa tersebut pada 2006 pernah dilanda gempa dan tsunami yang sumbernya berasal dari selatan Pangandaran, Jawa Barat.

Menurut dia, tak sedikit juga desa-desa sepanjang pantai Cilacap terdampak tsunami pada 2006 sehingga menimbulkan korban jiwa kurang lebih 165 orang.

"Ternyata pada tahun 1921 juga pernah terjadi gempa dan tsunami di wilayah Cilacap ini. Artinya apa? Gempa dan tsunami adalah peristiwa yang berulang, kemungkinan pada periode puluhan dan mungkin ratusan tahun yang akan datang, peristiwa itu akan terulang kembali," ujar Doni.

Oleh karenanya itu, jelas Doni, memilih mitigasi berbasis vegetasi adalah salah satu upaya BNPB mengurangi risiko bencana.

Ia menyatakan bahwa hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo agar jangan sampai masyarakat menjadi korban ketika terjadi bencana, sehingga harus mempersiapkan diri dalam hal pencegahan lebih awal.

"Kita semua harus punya kewajiban untuk bisa melindungi wilayah pantai kita, baik dari abrasi maupun ancaman tsunami, terutama pantai-pantai yang punya risiko terjadi gempa dan tsunami, khususnya di pantai barat sepanjang Pulau Sumatra dan selatan Pulau Jawa serta beberapa wilayah lainnya di Sulawesi dan Maluku, Maluku Utara, serta Papua bagian utara," jelas Doni.

Menurut Doni, untuk jenis vegetasi yang dipilih untuk upaya mitigasi merupakan jenis-jenis vegetasi yang tepat untuk pesisir pantai, antara lain cemara udang, ketapang laut, pule, palaka, dan waru. Kemudian beberapa jenis tanaman lain yang mampu bertahan jangka waktu sangat lama atau usianya bisa ratusan tahun.

Doni mengaku pernah melihat pohon pule yang memiliki tinggi lebih dari 30 meter dan diameter garis tengahnya lebih dari tiga meter. Pohon pule ini ada di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Artinya, terang Doni, usia pohon itu mungkin sudah lebih dari 400 tahun. Kemudian ada juga pohon palaka yang yang ia bibitkan di Pulau Seram dan kini tumbuh di Kota Ambon.***if/rls

0 Komentar

X
X