Kecamatan Cibuaya yang di inisasi Puskesmasnya, sukses jaring 130 masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela, Selasa (6/4). Bekerjasama dengan PMI Karawang, Karang Taruna Kabupaten dan Klinik Az Zahra Medina bersama relawan gang cekas, kegiatan ini sukses terselenggara melalui program khusus Donor Darah Sukarela Cibuaya (Dara Suci) di Aula Kantor Desa Cibuaya.
Kegiatan Donor Darah Lewat Dara Suci di Aula Desa Cibuaya Kecamatan Cibuaya

Pimpinan Klinik Az-Zahra Medina dr. H. Sri Raharjo, SH, MH, MMRS mengatakan, acara DARA SUCI yang diselenggarakan oleh puskesmas Cibuaya bekerja sama dengan PMI, Karang Taruna Kabupaten, Klinik Az-Zahra Medina, relawan gang cekas dan relawan lainnya ini mengusung tema "Mari menolong sesama disaat pandemi Covid-19 melanda", maksud dan tujuannya sendiri adalah untuk kegiatan sosial demi memenuhi stock kantong darah di PMI yang berkurang di masa pandemi Covid-19. Wal hasil sebut Raharjo, dari 130 calon pendonor, setelah menempuh proses screening di dapati 70 pendonor yang dianggap memenui syarat untuk di tranfusi darahnya. "Dari 130 yang kita jaring, ada 70 yang mendonorkan setelah hasil proses screening. Kegiatan ini sifatnya sosial untuk memenuhi stok darah di PMI yang semakin hari semakin berkurang di masa Pandemi Covid-19, " Katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Cibuaya H Aep Syaefullah, penanggungjawab Dara Suci Hj Dwi Murningsih, AmKeb, Ketua Karang Taruna Kabupaten H Asep Ceong, Sekjen Satgassos Karang Taruna Kabupaten H. Asep Mulyana. (Rd)

Berikut Manfaat Donor Darah : 

 1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
2. Menurunkan Kolesterol
3. Menurunkan Risiko Kanker
4. Merawat Kesehatan Organ Hati
5. Menurunkan Berat Badan
6. Mendeteksi Penyakit Serius
7. Meningkatkan Produksi Darah
8. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka
9. Membantu Menyelamatkan Nyawa Orang Lain
10. Mencegah Penuaan Dini
11. Membuat Pikiran Lebih Bahagia.