Moyan atau berjemur sempat menjadi kebiasaan sejumlah ASN dan pegawai pemerintah saat Covid-19 tiba di awal Februari 2020 lalu. Namun, ikhtiar penambah vitamin D alami untuk imun tubuh pengendali virus dan bakteri itu, semakin jarang di lakukan lagi di kantor-kantor pemerintah. Namun, lain hal dengan pemandangan di Desa Karyamukti Kecamatan Lemahabang.

Kades barunya, Iim Rohimah justru menggiring semua pegawai desa rutinkan berjemur di halaman kantor desa sebelum memulai aktivitas kerja di ruangan.

Kades Karyamukti Ajak Pegawai Desa Moyan dan Bergerak Demi Kesehatan

"Covid_19 semakin tinggi, imun kita perlu terus refresh dan ketahanan tubuh dengan vitamin D juga sangat di perlukan. Jadi kami rurinkan semua pegawai desa untuk "moyan" setiap pagi agar asupan vitamin D alami ini bisa tercukupi dan terhindar dari ancaman penyakit, " Kata Iim Rohimah, Senin (21/6).

Ia menambahkan, covid ada di sekitar kita. Namun, selama imun kuat, setidaknya bisa menangkal ancaman tersebut di samping terus menerapkan protokol kesehatan." Tidak susah berjemur 15-30 menit setiap pagi pukul 08.00 Wib, ketimbang kita harus sakit berminggu-minggu di isolasi. Jadi, ayo giatkan kembali berjemur, " Katanya.

Iim menambahkan, tidak hanya berjemur, masyarakat setiap dusun bersama PKK juga ia selalu ajak senam dan berolahraha setiap Jumat pagi dipelataran kantor desa. Aerobik, selain menciptakan suasana bahagia, juga lekukan gerakan tubuh yang dipandu instruktur juga baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. "Karenanya, di saat rumah sakit penuh, anggaran pemerintah menipis dan Prokes semakin bikin jenuh. Berjemur dan berolahraga harus di galakan masyarakat desa, " Ajaknya. (Rd)