Cegah Stunting, Varietas Padi Nutrizinc Tak Terserap Desa Sasaran, Ini Sebabnya !

Salah satu penanganan pencegahan stunting atau anak gagal tumbuh dan juga gizi kurang, Dinas Pertanian Karawang menawarkan Varietas padi Nutrizinc yang kaya dengan nutrisi, gizi dan vitamin yang baik untuk menyokong tumbuh kembang anak-anak hingga remaja Puteri dan ibu hamil. Sayangnya, varietas padi yang di tanam, justru "terbuang" percuma karena di serap oleh tangkulak dan lari keluar desa lokus stunting saat musim panen. 

"Kita ada tanaman padi varietas nutrizinc yang menurut ahli memang kaya akan nutrisi sekitar 5 hektar, sayangnya saat panen tiba, justru gabahnya terjual ke tengkulak karena memang belum ada yang secara khusus program yang menyerap gabah nutrizinc ini, padahal sayang sekali penting untuk gizi masyarakat, " Kata Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Lemahabang, Irfan, Selasa (19/10). 

Ia berharap, dalam program pencegahan stunting ini, serapan gabah varietas nutrizinc ini barangkali bisa masuk di programkan agar tidak lari keluar oleh tangkulak. Sebab, tidak salah jika petani menjual gabahnya ke tengkulak, tapi masalahnya memang tidak ada program dan pihak yang bisa menampung varietas ini.
Kegiatan Rembug Stunting di Aula Kecamatan Lemahabang Bersama Lintas Sektor

"Kita berharap ada tim yang serap gabah varietas ini, supaya tidak di beli tengkulak dan lari keluar. Sebab, stunting ini bikin kita prihatin dan harus ditangani bersama, " Pungkasnya. (Rd)

0 Komentar

X
X