Hari Santri, Lapas Karawang Resmikan Ponpes Nurul Iman

Bertepatan di Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2021, Lapas Kelas IIA Karawang meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman di lingkungan Lapas Karawang.


Ponpes itu diresmikan secara langsung oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana, Wakil Bupati Aep Syaefuloh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Sudjonggo, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kabupaten Karawang Lenggono Budi, Kementerian Agama Karawang dan MUI Karawang. 


Kalapas Kelas IIA Karawang, Lenggono Budi mengatakan bertepatan hari Santri Nasional, pihaknya meresmikan Pondok Pesantren Nurul Iman Lapas Kelas II Karawang. 


"Alhamdulillah kita lihat sama-sama telah diresmikan Ponpes Nurul Iman untuk warga binaan Lapas Karawang ini. Dan kita apresiasi, banyak ucapkan terima kasih kepada bupati wakil bupati juga kepala kankanwil jabar mereka bisa hadir itu antesinya luar biasa," ujar Lenggono, pada Jumat (22/10/2021). 


Dia berharap ponpes ini dapat berkembang dengan baik. Sehingga para warga binaan dapat pembinaan kepribadian secara optimal. 

Tujuan didirikan Ponpes Nurul Iman ini terkait dengan pembinaan kepribadian, mulai dari meningkatkan keimanan, ketakwaan secara agama. 


"Mudah-mudahan tujuan ini bisa berjalan baik, ini tidak bisa berjalan sendiri harus bekerjasama dengan stakeholder setempat dan pemda setempat," terang dia. 

Dijelaskannya, saat ini telah ada 99 warga binaan yang menjadi santri Ponpes Nurul Iman Lapas Karawang. 


Ponpes ini memiliki fasilitas bangunan gedung seperti aula, masjid, maupun asrama santri.

Adapun kegiatannya seperti layaknya pondok pesantren, mulai dari pembinaan keagamaan, pemberian materi fiqih, aqidah dan akhlak. 


"Para pengajarnya ini dari Kemenag Karawang, Penyuluh Agama, MUI Karawang dan guru-guru atau ustaz dari Ponpes yang ada di Karawang," imbuh dia. 


Dia berharap agar Ponpes Nurul Iman Lapas Karawang ini dapat didukung oleh semua stakeholder maupun Pemda Karawang agar berjalan dengan baik. 

"Cuman memang kendala sendiri untuk anggaran operasional tidak disiapkan di dipa internal kita. Tapi tadi ibu bupati Cellica menyanggupi akan dianggarkan tahun 2022. Tadi juga secara spontanitas akan didrop karpet dan kebutuhan lainnya. Semoga atas semua dukungan ini dapat terlaksana dengan baik," tandasnya. 

Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana menyambut positif pendirian Ponpes Nurul Iman Lapas Kelas IIA Karawang. 

Tentu kehadiran Ponpes ini diharapkan dapat meningkatan keimanan dan ketakwaan secara agama bagi warga binaan. 

"Diharapkan santri warga binaan ini bisa punya ilmu lebih baik itu tauhid, fiqih ahlak, aqidah dan ketika mereka keluar ini lebih percaya diri untuk menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya. Aku pikir ini program yag sangat baik ya, Pemkab Karawang siap dukung," tandasnya. (Rd)

0 Komentar

X
X