Pemerintah Kabupaten Karawang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dipadukan dengan Peringatan Milad Kabupaten Karawang Ke-400, Minggu (17/10). Kegiatan ini diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, jajaran Forkopimda, DPRD, Kepala OPD,  tokoh agama, tokoh masyarakat dan institusi terkait lainnya secara khidmat dengan protokol kesehatan yang ketat.


Sudah menjadi tradisi tahunan bagi Pemerintah Kabupaten Karawang jika setiap memasuki bulan Rabiul Awal 1443 Hijriah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebab, pada bulan Rabiul Awal ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan, tepatnya pada 12 Rabiul Awal. 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan maulid nabi diisi dengan serangkaian kegiatan islami seperti tawasul, ziarah dan pemberian bantuan.


Seperti yang terlihat pada Minggu, 17 Oktober 2021 sekira pukul 09.00 WIB, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana didampingi Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh SE, Ketau DPRD, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan lainnya melakukan ziarah ke makam Adipati Singaperbangsa di Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang.


Bupati bersama rombongan melakukan doa bersama dan tabur bunga di pusara Adipati Singaperbangsa yang merupakan tokoh pahlawan yang juga Bupati pertama Kabupaten Karawang.


Usai ziarah, Bupati bersama rombongan menuju Masjid Agung Syech Quro Karawang untuk mengikuti tawasul yang dipimpin oleh Sekda Drs. H. Acep Jamhuri M.Si.

Selain itu juga dilakukan pembacaan plat kuning kandang sapi gede yang mengingatkan bahwa Karawang memiliki sejarah panjang.

Piagam plat kuning kandang sapi gede ini merupakan titik awal peradaban Karawang pada 400 Tahun lalu. Dan hinga kini dimaknai sebagai sejarah yang terkenang sepanjang masa oleh masyarakat Karawang.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan bantuan biaya operasional Perawatan Fasilitas (BOPF)  DTA se-Kabupaten Karawang. Penyerahan bantuan tersebut diberikan kepada 10 orang secara simbolis. Total bantuan ini mencapai Rp.10 miliar untuk 956 DTA. (St)