Pengumuman Penting dan Semoga Menjadi Perhatian Legislator Karawang! Banyak Tempat Pelelangan Ikan Tak Akktif, Mengapa?

Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan sebagian besar tempat pelelangan ikan atau TPI di daerahnya tidak aktif.

Plt Kepala Dinas Perikanan Karawang H. Abu Bukhori di mengatakan saat ini ada 12 tempat pelelangan ikan di wilayah pesisir Karawang.
Foto : Kapal Nelayan di sekitar TPI Ciparage jaya Karawang

"Dari 12 tempat pelelangan ikan itu, hanya beberapa TPI saja yang aktif," ungkap dia.

Abu mengatakan tempat pelelangan ikan yang aktif tersebut hanyalah TPI Sungaibuntu, Ciparage, Tangkolak, dan TPI Pasirputih Cilamaya.

Dari ribuan nelayan yang ada di Karawang, kebanyakan dari mereka hanya membawa hasil tangkapan ikannya ke TPI yang aktif tersebut.

Ada beberapa faktor sehingga banyak TPI yang tidak aktif atau jarang didatangi para nelayan. Di antaranya karena kondisi infrastruktur yang kurang memadai serta kondisi muara yang mengalami pendangkalan.

Ia mengaku akan berkoordinasi ke dinas terkait dengan kondisi infrastruktur dan pendangkalan muara di wilayah pesisir utara Karawang.

Selain persoalan kurang memadainya kondisi infrastruktur TPI, saat ini kondisi perikanan tangkap di Karawang ialah mengenai daerah penangkapannya terbatas.

Saat ini daerah penangkapan ikan nelayan Karawang terbatas, tidak bisa melampaui hingga ke perairan lepas. Hal itu terjadi karena masih banyak nelayan yang menggunakan kapal di bawah 10 GT.

Atas hal tersebut, pihaknya mendorong agar ke depannya para nelayan di Karawang terus berkembang dengan meningkatkan kapasitas kapalnya hingga di atas 10 GT.

"Dengan meningkatkan kualitas kapal di atas 10 GT, mereka bisa leluasa menangkap ikan hingga ke perairan lepas, daerah penangkapan ikannya tidak terbatas. Sehingga pada akhirnya produksi ikan tangkap di Karawang akan meningkat signifikan," katanya.(Ant)

0 Komentar

X
X