Masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang menjadi korban kebakaran, pada Rabu, 13 Oktober kemarin berharap dapat bantuan rumah. Kebakaran menghanguskan rumah mereka kemarin malam.

"Kami merasa kebingungan karena tidak mampu kembali membangun rumah," kata Mukti, 55, warga Badui korban kebakaran di Kampung Pecak Huni Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Kamis, 14 Oktober 2021.

Warga Badui yang menjadi korban kebakaran kini tinggal di tenda-tenda pengungsian. Mereka terpaksa tinggal di pengungsian karena tempat tinggal dan harta bendanya hangus terbakar.

"Semua warga korban kebakaran hanya pakaian saja yang melekat, " katanya menjelaskan.

Begitu juga Sanim, 30, warga korban kebakaran lainnya mengaku merasa kasihan anaknya yang berusia dua bulan tidur di tenda pengungsian. Sehingga cukup kedinginan dan juga pengap.

"Kami berharap pemerintah dapat membantu untuk kembali membangun rumah, " katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia mengatakan pemerintah daerah siap membantu warga Badui yang menjadi korban kebakaran untuk dibangunkan kembali rumah mereka. Berdasarkan data jumlah warga yang tercatat 24 kepala keluarga dan 16 rumah yang hangus terbakar dan satu leuit.

"Kami berharap dalam waktu dekat bisa membangun rumah warga Badui yang menjadi korban kebakaran, " katanya. (Medcom)