Waspada !!! Jangan Terlalu Lama Melihatnya Karena Sangat Bahaya

Sekarang ini banyak aktivitas yang mengharuskan kita menatap gawai dalam jangka waktu yang lama.

Foto ilustrasi melihat Handphone

Tapi taukah kamu, terlalu dekat dan lama berada didepan gawai bisa menganggu kesehatan mata lho.

Supaya penglihatan tetap berfungsi secara optimal, kita harus selalu menjaganya dengan melakukan pola hidup yang sehat dan rutin memeriksakan mata ke dokter.

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut, dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali, sedangkan orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun setidaknya 1 tahun sekali untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin bisa memengaruhi kemampuan belajarnya.

Rutin memeriksakan mata juga bisa mendeteksi dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan mata harus dimulai dengan membudidayakan pola hidup sehat. Mulailah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain wortel, ternyata kuning telur dan susu juga mengandung banyak vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata.

Gunakan gawai maksimal selama 2 jam dan jaga jarak minimal 40-50 cm dari layar. Jaga pencahayaan saat membaca & belajar, periksa mata setiap 2 tahun, isirahat secara berkala saat menggunakan gadget dengan rule (20-20-20), lakukan kegiatan outdoor untuk mencegah rabun jauh (miopia).

Rumus 20-20-20 adalah setiap 20 menit menatap layar gawai, istirahatkan maga selama 20 detik, dan pandanglah benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter

Lindungi mata ketika beraktivitas diluar ruangan, cara sederhana dengan menggunakan kacamata hitam dengan UV protector agar tidak terpapar sinar matahari langsung.

Lakukan relaksasi mata dengan menggosok kedua tangan lalu letakkan hangatnya tangan diatas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelapis anda.

#Healthies, sekitar 84% kegiatan yang dilakukan berawal dari mata terlebih dahulu, apabila penglihatan terganggu dapat berdampak pada terganggunya aktivitas kita sehari-hari, akibatnya produktivitas pun akan menurun.

Mulai sekarang yuk terapkan pola hidup sehat dan lakukan deteksi dini untuk menjaga mata tetap sehat.(kes)

0 Komentar

X
X