Calon Panglima Andika Perkasa Akui Perlu Banyak Perbaikan Organisasi TNI

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan masih perlu banyak perbaikan dalam penataan organisasi Tentara Nasional Indonesia dan penguatan interoperabilitas di antara tiga matra yang ada. Hal ini menjadi salah satu misi Andika dalam memimpin institusi pertahanan ini ke depan.

"Kemudian penguatan, integrasi, penataan organisasi pun menurut saya masih banyak ruang untuk perbaikan di sana-sini," kata Andika dalam fit and proper test di Komisi I DPR, Sabtu, 6 November 2021.

Andika mengatakan, ia masih melihat adanya kekurangan-kekurangan. Kendati begitu, dia tak merinci kekurangan seperti apa yang dimaksud.

"Saya melihat adanya kekurangan-kekurangan yang masih bisa kami perbaiki untuk membuat teamwork ini menjadi lebih bagus," kata Kepala Staf Angkatan Darat ini.

Andika juga menilai interoperabilitas penting agar TNI semakin mengetahui kelemahan dan kekurangan yang ada. Dia mengatakan operasi bersama tiga angkatan militer, yakni dari matra darat, laut, dan udara merupakan satu kebutuhan yang tak bisa dihindari saat ini.

"Interoperabilitas di antara angkatan darat, laut, dan udara pun harus terus-menerus dan semakin sering kami satukan atau kami lakukan," kata Andika.

Beberapa misi calon Panglima TNI Andika Perkasa yang lain menyangkut penguatan pelaksanaan tugas-tugas TNI berdasarkan peraturan perundang-undangan; penguatan pertahanan perbatasan, penguatan siber; dan penguatan diplomasi luar negeri.(***)

0 Komentar

X
X