Daftar Negara Eropa yang Lolos Otomatis dan Tampil di Playoff Piala Dunia 2022

Seluruh laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa telah rampung pada Rabu 17 November dini hari WIB. Tercatat, ada 10 tim yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia karena finis sebagai juara grup, sedangkan 10 lainnya harus kembali berjuang di fase playoff lantaran selesai sebagai runner-up fase grup.

Di Grup A, Serbia melakukan kejutan dengan menduduki puncak klasemen usai mengalahkan Portugal 1-2 dalam pertandingan terakhir. Hasil ini membuat Serbia memuncaki klasemen akhir dengan koleksi 20 poin atau unggul tiga poin dari Portugal yang menduduki peringkat dua.

Cerita hampir serupa terjadi di Grup B ketika Spanyol memastikan diri lolos otomatis dengan menundukkan Swedia 1-0 pada laga terakhir. Dengan begitu, Spanyol naik ke pucuk klasemen dengan koleksi 19 poin dan unggul empat poin atas Swedia yang terpaksa menjalani playoff.

Di Grup C, Swiss menduduki peringkat pertama klasemen akhir setelah menang 4-0 atas Bulgaria, sebaliknya Italia hanya imbang 0-0 melawan Irlandia Utara pada laga pamungkas. Hasil tersebut memaksa Gli Azzurri mengejar tiket Piala Dunia lewat babak playoff.

Di Grup D, Prancis memastikan diri lolos otomatis lolos ke Piala Dunia setelah mengumpulkan 18 poin, sedangkan Ukraina finis sebagai runner-up dengan koleksi 12 poin.

Untuk Grup E, terdapat Belgia yang ditahan imbang Wales 1-1 pada laga pamungkas. Hasil tersebut sudah cukup untuk membuat Wales melangkah ke fase playoff, sedangkan tiket lolos otomatisnya sudah direbut Belgia sebelum matchday terakhir.

Dari Grup F, terdapat Denmark yang gagal menang 100 persen usai kalah 0-2 dari Skotlandia dalam pertandingan terakhir. Meski demikian, Denmark tetap lolos otomatis dengan 27 poin, sedangkan Skotlandia yang mengumpulkan 23 poin berhak ke playoff.

Di Grup G, Belanda harus menunggu hingga pertandingan terakhir untuk memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Norwegia 2-0. Pada saat bersamaan, Turki pun berhak ke babak playoff setelah mengalahkan Montenegro 2-1. Der Oranje mengakhiri fase grup dengan 23 poin, sedangkan Turki mengumpulkan 21 poin.

Kroasia melaju otomatis ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Rusia 1-0 pada laga pamungkas Grup H. Mereka jadi tercatat mengumpulkan 23 poin, sedangkan peringkat keduanya diisi oleh Rusia dengan koleksi 22 poin.

Di Grup I, Inggris menegaskan diri sebagai juara grup setelah mencukur San Marino 10-0, sedangkan Polandia yang berada di posisi kedua harus mengakui keunggulan Hungaria 1-2. Dengan begitu, Inggris mampu mengumpulkan 26 poin, sedangkan Polandia berada pada peringkat dua dengan 20 poin.

Di Grup J, Jerman memastikan diri lolos secara otomatis usai menduduki peringkat pertama klasemen grup dengan 27 poin. Namun menariknya, untuk posisi dua diisi oleh Makedonia Utara dengan kumpulan 18 poin. Jika bisa mencuri satu dari tiga tiket di fase playoff, Makedonia Utara bakal membuat sejarah tampil perdana di putaran final Piala Dunia.

Menuju babak playoff

Selanjutnya 10 negara yang menduduki peringat kedua setiap grup akan memasuki babak playoff bersama dua negara yaitu Austria dan Republik Ceko yang lolos dari kualifikasi UEFA Nations League.

Rencananya, pengundian babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan digelar pada 26 November mendatang, sedangkan pertandingannya baru dimulai Maret tahun depan.

Pada pengundian nanti, terdapat ada tiga jalur yang berisi masing-masing empat negara dan tiap jalur memiliki satu tuan rumah yang selanjutnya akan digelar pertandingan final dan semifinal.

Masing-masing juara di tiap jalur atau path akan mengambil tiga tiket tersisa Zona Eropa untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.(Medcom)

Berikut 10 negara yang lolos otomatis ke Piala Dunia dan 12 negara yang harus melaju babak playoff terlebih dahulu dari kualifikasi zona Eropa. Terdapat tambahan dua negara di fase playoff karena pencapaian mereka di ajang UEFA Nations League.

Lolos otomatis

1. Serbia

2. Spanyol

3. Swiss

4. Prancis

5. Belgia

6. Denmark

7. Belanda

8. Kroasia

9. Inggris

10. Jerman

Melaju ke playoff

1. Portugal

2. Swedia

3. Italia

4. Ukraina

5. Wales

6. Skotlandia

7. Turki

8. Rusia

9. Polandia

10. Makedonia Utara

11. Austria (Kualifikasi UEFA NAtions League)

12. Republik Ceko (Kualifikasi UEFA Nations League).

0 Komentar

X
X