Ini Penting Banget, Berikut 7 Manfaat Nutrisi Dalam Air Kelapa

Selama masa pandemi Covid-19, air kelapa menjadi primadona dan diburu banyak orang. Berbagai mitos juga beredar, bahwa air kelapa mampu menyembuhkan Covid-19 atau bisa menjadi imun dan anti bodi yang baik.

Meskipun demikian, jauh sebelum Covid-19 muncul, air kelapa telah menjadi minuman favorit masyarakat. Air kelapa juga mudah ditemukan di sejumlah negara dengan iklim tropis, seperti India, Brasil, Asia Tenggara hingga negara-negara di Kepulauan Pasifik.

Manfaat dari air kelapa tidak hanya sekadar minuman penyegar badan, namun juga penambah elektrolit dan mineral dalam tubuh. Bahkan, air kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh.

Manfaat Nutrisi dalam Air Kelapa

Sebagai minuman alami yang langsung dihasilkan dari buah, air kelapa di setiap butirnya mengandung elektrolit, mineral, dan vitamin. Dalam air kelapa juga terdapat gula, yang kandungannya lebih rendah dibandingkan minuman bersoda, minuman kemasan, atau jus buah.

Tidak sampai disitu, air kelapa juga mengandung karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang semakin melengkapi zat gizi di dalamnya. Melansir Hellosehat.com fakta gizi yang terdapat pada Data Komposisi Pangan Indonesia, menunjukkan setiap 100 gram (gr) air kelapa memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

Energi: 17 Kalori (Kal)

Protein: 0,2 gram

Lemak : 0,1 gram

Karbohidrat: 3,8 gram

Kalsium: 15 miligram (mg)

Fosfor: 8 miligram

Besi: 0,2 miligram

Natrium: 1 miligram

Kalium: 149 miligram

Bila melihat komposisi gizi tersebut, terlihat bahwa air kelapa mengandung kalium tinggi. Dibandingkan minuman olahraga yang diformulasi, kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi.

Kapasitas jumlah gizi tersebut, bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang. Di sisi lain, kandungan mineral lain dalam air kelapa yang terdiri dari kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk. Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan dengan manfaat kesehatan yang besar.

Aneka Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan

Kandungan gizi dalam setiap buah kelapa akan memberikan khasiat dan manfaat bagi tubuh. Tidak hanya mengobati rasa haus dan mencegah dehidrasi, meminum air kelapa muda juga mendatangkan manfaat kesehatan seperti yang dikutip dari Hellosehat.com berikut ini:

1. Memperbaiki Kondisi Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat dari meminum air kelapa adalah stabilitas kesehatan jantung. Stabilitas jantung dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mencegah munculnya penyakit darah tinggi, hingga menekan risiko serangan jantung yang disertai stroke.

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa menjadi alasan air buah satu ini dapat menekan kolestrol dan tekanan darah. Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Khasiat air kelapa tersebut, berpotensi mencegah terbentuknya penggumpalan darah. Di samping itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

2. Membuat Awet Muda

Salah satu khasiat air kelapa yang paling diidamkan adalah membuat kulit lebih halus dan menjaga agar tetap awet muda. Penyebabnya adalah kandungan sitokinin. Kandungan itu merupakan salah satu hormon yang berfungsi mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Foto : Dua perempuan cantik

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (mencegah pembekuan darah). Itulah sebabnya, kelapa disebut sebagai makanan yang bisa menunda penuaan alias membuat awet muda.

Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Meminum air kelapa dipercaya mampu membuat Anda awet muda.

3. Memperlancar Pencernaan

Salah satu klaim yang beredar mengenai manfaat air kelapa, adalah memperlancar pencernaan. Tidak hanya sekadar memperlancar, namun juga memiliki khasiat mengobati perut yang sedang mulas atau penyakit lainnya.

Umumnya, air kelapa manjur digunakan sebagai obat penyakit diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Itu karena, air kelapa memiliki zat seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang memiliki osmolaritas tinggi. Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah, serta tinggi gula dan asam amino.

Air kelapa merupakan komposisi cairan yang ideal pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Batu Ginjal

Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu meminum air putih atau mineral dengan jumlah cukup banyak. Solusi lain untuk menjaga tubuh tetap terdehidrasi dengan baik, adalah dengan meminum air kelapa.

Kekurangan cairan atau dehidrasi dalam tubuh, berisiko menyebabkan penyakit batu ginjal. Penyakit tersebut terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa di dalam urine.

Seperti yang dikutip dari jurnal penelitian berjudul Prophylactic Effect of Coconut Water yang dilakukan pada tikus, air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih. Selain itu, air kelapa mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

Kemampuan air kelapa dalam menekan risiko batu ginjal didukung kemampuan cairan tersebut dalam meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine. Walaupun demikian, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan untuk menguji khasiat air kelapa dalam pencegahan batu ginjal.

5. Menguatkan Stamina dan Fungsi Organ Tubuh

Setiap tetes air kelapa memiliki fungsi untuk menguatkan tubuh. Terutama organ tubuh yang banyak bekerja sehari-hari. Hal itu dapat dibuktikan, karena air kelapa merupakan sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga.

Selain itu, salah satu manfaat asam amino adalah membantu pembentukan protein, sehingga bermanfaat meregenerasi sel-sel pada organ tubuh. Sementara itu, kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.

6. Mencegah Paparan Radikal Bebas

Dalam keseharian, tubuh mengalami proses metabolisme yang menghasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas. Proses produksi sel ini akan mengalami peningkatan cukup signifikan kala tubuh sedang stres atau sakit.

Saat terlalu banyak kandungan radikal bebas, tubuh akan mencapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat meredakan efek stres oksidatif, sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya. Meskipun begitu, potensi antioksidan pada air kelapa masih perlu diteliti lebih lanjut, karena belum ada penelitian yang menguji potensi ini pada manusia.

7. Menjadi Cairan Pengganti bagi Tubuh

Fungsi dari air kelapa salah satunya menjadi cairan isotonik alami yang sangat diperlukan usai berolahraga. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh hilang melalui napas atau keringat.

Manfaat lainnya juga yang dihasilkan air kelapa, adalah sebagai obat rasa mual, atau sakit perut saat olahraga. Air kelapa lebih efektif mengatasi mual dibandingkan air minum kemasan yang banyak dijual di toko.

Air kelapa dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa, sehingga lebih sehat untuk diminum dibandingkan minuman kemasan yang diformulasi. Oleh karenanya air kelapa sangat baik dikonsumsi sebagai minuman harian.

Demikianlah tujuh manfaat air kelapa bagi kesehatan dan juga antibodi terhadap penyakit yang rawan menyerang.

0 Komentar

X
X